Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Demi Jual Kartu Vaksin, Pria Ini Rela Disuntik 87 Dosis Vaksin
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 08-04-2022 | 12:36 WIB
A-DIVAKSIN-COVID.jpg Honda-Batam
Ilustrasi seorang pria sedang divaksin Covid-19. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Leipzig - Seorang pria berusia 61 tahun di negara bagian Saxony, Jerman Timur, tersandung masalah setelah dilaporkan menerima setidaknya 87 suntikan vaksin Covid-19.

Surat kabar Freie Presse melaporkan pada Jumat (1/3/2022), bahwa pria yang tidak diidentifikasi itu diyakini telah menerima sebanyak tiga dosis vaksin dalam satu hari.

Palang Merah Jerman telah mengajukan tuntutan terhadap pria tersebut karena dicurigai menjual surat vaksin, kata media tersebut.

"Pihak berwenang Jerman sedang menyelidiki pria itu menyusul keluhan dari cabang Palang Merah di Saxony," kata juru bicara palang merah, Kai Kranich, seperti dikutip dari AFP, Minggu (3/4/2022).

Pria tersebut diduga segaja melakukan puluhan kali suntikan vaksin untuk memalsukkan kartu vaksinasi untuk dijual ke warga Jerman.

"Situs vaksinasi di negara bagian Jerman diberitahu tentang pria itu," kata Kranich kepada surat kabar itu, setelah dia dikenali oleh salah satu staf di Dresden. Petugas kemudian menahan pria itu di pusat vaksinasi lain di kota Eilenburg, di luar Leipzig.

"Daftar vaksin nasional atau daftar vaksin virus corona akan segera menjelaskan kasus ini," kata Knut Kohler, juru bicara asosiasi medis negara bagian Saxony.

Kementerian Sosial Jerman mengatakan kepada surat kabar pada hari Jumat bahwa mereka tidak mengetahui kasus ini.

Beberapa 'joki' vaksin telah tertangkap divaksinasi atas nama orang lain sejak awal pandemi Covid-19. Desember lalu, seorang pria Selandia Baru diselidiki karena diduga menerima sebanyak 10 suntikan dalam satu hari atas nama pelanggan yang membayar karena enggan divaksinasi.

Sumber: RMOL
Editor: Dardani