Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Begini Cara Cek Penerima BLT Subsidi Gaji
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 08-04-2022 | 08:20 WIB
uang-ilustrasi1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan mulai menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT subsidi gaji Rp 1 juta sebelum Lebaran. Target penerimanya adalah pekerja bergaji Rp 3,5 juta per bulan.

Pemerintah mengalokasikan anggaran Rp 8,8 triliun untuk menyalurkan subsidi atau bantuan sosial (bansos) tersebut. Nantinya, BLT subsidi gaji akan diberikan untuk 8,8 juta pekerja.

"Kami ingin at least (setidaknya) sebelum lebaran sudah tersalurkan, tapi yang penting seluruh aturan harus kita siapkan dahulu," ungkap Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi, Kamis (7/4/2022).

Lantas, bagaimana cara mengecek jika Anda merupakan salah satu penerimanya?

Melansir situs resmi Kemnaker, dijelaskan langkah pertama yang harus dilakukan ialah mengunjungi situs webkemnaker.go.id.

Lalu, jika Anda belum memiliki akun, dafttarkan diri dengan melengkapi data diri, seperti NIK, nama lengkap, dan nama ibu kandung. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.

Setelahnya, masuk atau login ke akun tersebut, lengkapi biodata diri yang berupa profil, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi.

Terakhir, cek pemberitahuan. Jika Anda terdaftar sebagai calon penerima, maka Anda akan mendapat centang hijau notifikasi sebagai calon penerima BSU. Namun jika tidak, akan keluar notifikasi tidak terdaftar.

Jika Anda merasa memenuhi persyaratan penerima BSU, namun tak terdaftar, Anda bisa menelepon nomor 175 atau WhatsApp ke nomor +62 813 800 70175.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha