Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wamenag Minta Umat Islam Menghargai dan Menghormati Beda Awal Ramadan 2022
Oleh : Redaksi
Sabtu | 02-04-2022 | 13:52 WIB
pantau-hilal-ramadhan11.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Saadi meminta kepada seluruh umat Islam di Indonesia untuk tak memperdebatkan perbedaan menjalani awal Ramadan 1443 H yang terjadi tahun ini.

"Saya mengimbau kepada umat Islam untuk tidak mempertentangkan perbedaan awal Ramadhan 1443 H," kata Zainut dalam keterangan resminya, Sabtu (2/4/2022).

Zainut turut berharap kepada umat Islam untuk bisa menerima perbedaan awal Ramadhan tahun ini dengan sikap bijak, penuh toleran, saling menghargai dan menghormati.

Ia meminta umat Islam tidak menjadikan hal ini sebagai polemik berkepanjangan. Namun, perbedaan ini seharusnya menjadikan proses pendewasaan dalam menerima perbedaan pendapat yang dilandasi dengan persaudaraan.

"Perbedaan seperti ini sudah sering terjadi. Saya yakin umat Islam Indonesia tidak kaget dan tidak akan mengganggu harmoni kehidupan bersama," kata dia.

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah dan ormas Muhammadiyah menjalani ibadah awal Ramadan tak serempak tahun ini.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada besok Minggu, 3 April 2022. Penetapan itu diputuskan melalui Sidang Isbat di Jakarta kemarin.

Penetapan tersebut berbeda dengan Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang sudah mengumumkan 1 Ramadhan 1443 H yang jatuh pada tanggal 2 April 2022.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha