Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

6 Tips Tetap Bugar dan Aktif Selama Puasa Menurut Dokter
Oleh : Redaksi
Kamis | 31-03-2022 | 14:08 WIB
ilustrasi-puasa1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Puasa satu bulan penuh saat Ramadan tentu membuat tubuh kerap merasa lemas dan kurang bertenaga. Bahkan, Anda mungkin kerap mengantuk dan ingin rebahan saja seharian hingga Magrib saat waktu berbuka tiba.

Namun, kebiasaan itu tak sebaiknya dipelihara. Ahli gizi klinis, Putri Sakti mengatakan, puasa seharusnya tidak menjadi alasan tubuh bermalas-malasan.

Menurut dia, tetap bugar, sehat, dan aktif justru sangat baik dilakukan saat Anda berpuasa.

"Memang wajar lemas atau merasa tidak fit, tapi ada kuncinya agar tubuh tetap fit walau sedang puasa," kata Putri dalam Bincang Shopee yang digelar secara daring, Selasa (29/3/2022).

Putri membagikan tips agar tetap bugar, sehat, dan aktif selama puasa di bulan Ramadan.

1. Penuhi nutrisi harian
Jangan pernah melewatkan makan sahur dan berbuka. Keduanya sangat penting agar asupan gizi dan nutrisi bisa tetap terpenuhi meskipun di siang hari tidak makan dan minum.

"Kadang-kadang, kan, suka malas sahur. Jangan! Jangan sampai di-skip sahur ini, karena penting agar tubuh tidak lemas sepanjang hari," kata dia.

2. Perhatikan makanan yang dikonsumsi
Jika Anda sudah bisa disiplin dan konsisten makan sahur dan berbuka puasa, perhatikan jug makanan yang dikonsumsi.

"Sebaiknya makan yang bergizi, nutrisinya ada, karbohidratnya ada, lemak juga, serat ada, karena ini semua penting. Tapi, jangan sampai berlebihan," katanya.

3. Perhatikan makanan saat berbuka puasa
Sebaiknya, hindari makan langsung dalam porsi besar saat berbuka puasa. Mengatur asupan makanan sangat penting dilakukan.

"Misalnya saat berbuka, minum air putih dan buah atau beberapa butir kurma, beri jeda, salat dulu. Nah, setelah itu baru boleh makan besar, tapi jangan berlebihan. Jangan kalap, ya," katanya.

4. Penuhi asupan air
Saat berpuasa jangan sampai asupan air berkurang. Anda bisa memenuhinya di waktu berbuka puasa. Minimal 8 gelas harus tetap dipenuhi.

Anda disarankan untuk menerapkan metode 2-4-2 demi memenuhi asupan cairan. Minum 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas di sela-sela waktu makan, dan 2 gelas saat sahur.

"Jadi kebutuhan delapan gelas per hari bisa tetap terpenuhi," katanya.

5. Tidur cukup
Jangan jadikan puasa alasan untuk tidur tidak teratur. Anda bisa tetap tidur cukup dengan mengatur waktu sebaik mungkin.

Misalnya, hindari tidur malam di atas pukul 22.00 WIB. Selain itu, Anda juga bisa mengambil waktu untuk tidur siang selama 30-60 menit di siang hari.

6. Tetap berolahraga
Tetap aktif berolahraga saat berpuasa justru sangat disarankan. Jangan sampai selama satu bulan penuh tidak berolahraga sama sekali.

Kata Putri, selama bulan Ramadan ini, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan santai selama 30-35 menit.

"Olahraga bisa dilakukan di waktu sebelum berbuka puasa," kata dia.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha