Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lewat BUMN Beriarti Fest 2022, Erick Thohir Ajak Batam Bangga Pakai Produk Lokal
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 29-03-2022 | 17:52 WIB
BUMN-BTM-2022.jpg Honda-Batam
Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga (tengah) saat meninjau salah satu stand UMKM peserta BUMN Beriarti Festival didampingi EVP Telkom Regional I Area Sumatera Semly Saalino (paling kiri) dan SGM Community Development Center Telkom Hery Susanto (kedua kiri) di Batam, Jumat (25/3/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri BUMN Erick Thohir terus mendorong inisiatif pengembangan UMKM dan ekonomi pro rakyat. Salah satu inisiatif dilakukan melalui BUMN Beriarti Festival di Kota Batam, yang menjadi ajang untuk promosi produk UMKM dan festival millenial.

Melalui insiasi tersebut, Erick Thohir berharap kegiatan yang dilakukan selama 3 hari (25-27/3/2022) ini dapat mendatangkan 'multiplier effect' yang kuat untuk mendorong UMKM naik kelas.

BUMN Beriarti Festival yang diinisiasi oleh Rumah BUMN Kota Batam sejalan dengan ajakan Presiden RI, Jokowi untuk mencintai produk dalam Negeri dan memajukan UMKM.

Tidak hanya UMKM Festival, Festival Beriarti Fest juga dimeriahkan dengan kegiatan Millenial Festival yang menampilkan produk Millenial Preneur, talkshow, dan kompetisi basket. Digital Festival menghadirkan social media rangers BUMN gatherings dan content creator competition.

Sebagai puncak acara, BUMN Beriarti Fest juga mengadakan Awarding Festival yang memberikan apresiasi kepada UMKM terbaik yang telah berpartisipasi di ajang tersebut. Dalam kesempatan tersebut, BUMN Beriarti Fest diikuti oleh 20 UMKM di Kota Batam dan 90 partisipan kuliner UMKM.

Dalam kunjungan, Staf Khusus Erick Thohir, Arya Sinulingga memberikan apresiasi kegiatan BUMN Beriarti Festival yang diselenggarakan di Harbour Bay, Batam. "Festival ini jadi momentum kebangkitan UMKM setelah pandemi. Saya senang dengan antusiasme pelaku UMKM dan kolaborasi millenial di Festival ini. Harapannya melalui Festival ini dapat meningkatkan potensi dan daya saing produk-produk unggulan hasil UMKM," jelas Arya yang turut didampingi EVP Telkom Regional Sumatera, Semly Saalino, dalam siaran persnya, Selasa (29/03/2022).

Salah satu UMKM yang berpartisipasi di Kegiatan BUMN Beriarti Festival, Tarmizi yang merupakan pelaku UMKM yang bergerak di bidang kerajinan tangan khas Melayu mengungkapkan kegiatan ini sangat membantu mengembalikan keuntungan usaha yang hilang akibat pandemi.

"Kami berterima kasih sekali sejak bergabung dngn rumah bumn membuat kami lebih semangat dan positif. Banyak bimbingan, peluang dan pembinaan membuat kami lebih produktif dan lebih terbuka," jelas Tarmizi.

Sebagai penutup, Arya berharap Festival yang sama akan dilakukan di kota lainnya, sehingga dampaknya akan dirasakan oleh lebih banyak lagi oleh UMKM di seluruh Indonesia.

Editor: Gokli