Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kadiv Propam Polri Minta Kasat Lantas Turun ke Lapangan Awasi Kerja Polantas agar tak Arogan
Oleh : Redaksi
Minggu | 27-03-2022 | 11:04 WIB
ferdy_sambo_b.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala Divisi Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kepala Divisi Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo, meminta Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) di seluruh Indonesia untuk rajin turun ke lapangan memantau kinerja jajarannya.

Kadiv Propam mengatakan, hal itu untuk memastikan tidak adanya pelanggaran yang dilakukan oleh anggota polisi.

"Kasat Lantas jangan berfikir menjadi manajer tingkat atas," kata Sambo dalam rapat kerja teknis (Rakernis) Korlantas Tahun 2022 di Polda Jawa Timur, yang digelar hybrid dengan tema 'Revitalisasi Fungsi Lalu Lintas Guna Mewujudkan Polri Yang Presisi Dalam Rangka Menyukseskan Pembangunan Nasional'.

Dihadapan Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) dari 34 Polda serta jajarannya, Kadiv Propam mengatakan ditemukan bentuk pelanggaran pada fungsi lalu lintas itu karena etika pelayanan yang belum dipahami semua oleh anggota.

Kemudian, arogansi kewenangan dimana anggota menggelar razia tanpa dilengkapi surat perintah.

Selanjutnya, kata Sambo, penyalahgunaan wewenang dengan melakukan pemerasan dan pungutan liar (pungli) kepada pelaku pelanggar lalu lintas. Terakhir, perkembangan penyelidikan kecelakaan lalu lintas yang tidak transparan.

"Maka dari itu, perlu ada struktur baru yaitu Kabag Propam pada fungsi Lantas yang memiliki fungsi pengawasan kepada anggota lantas," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/3/2022).

Saat ini, Sambo menyampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit masih memproses untuk ditandatangani Peraturan Kapolri (Perkap) tentang pengawasan melekat (Waskat).

Sehingga, atasan atau pimpinan dua tingkat bisa dikenakan sanksi jika ada anggota yang melakukan pelanggaran.

"Jika Perkap pengawasan melekat sudah ditandatangani Bapak Kapolri, satu dan dua tingkat di atas akan dimintakan pertanggung jawaban," tegas Sambo.

Maka dari itu, Sambo memerintahkan setiap manajer harus mempunyai tiga macam keterampilan meski dengan penekanan berbeda-beda, yakni keterampilan konseptual, keterampilan kemanusiaan dan keterampilan operasional atau teknis.

"Kasat Lantas harus turun lapangan, lakukan Waskat (pengawasan melekat) kepada anggota yang bertugas," ujarnya.

Di samping itu, Sambo mengingatkan ketidakpastian tantangan tugas kedepan di tengah era digital disruption. Sehingga, memaksa anggota untuk melakukan percepatan perubahan kultur.

Dengan kata lain, jadikan tantangan sebagai peluang untuk berinovasi dan bukan menjadi peluang mendapat keuntungan.

"Selain itu, jangan jadikan Satuan Kerja Lalu Lintas sebagai tempat singgah. Tetapi, jadikan tempat pengabdian dan mempunyai legacy," ucapnya.

Selanjutnya, Sambo berpesan kepada seluruh Anggota Lalu Lintas untuk mengerti dan memahami perkembangan teknologi mengingat saat ini sudah era digital disruption dan society 5.0.

"Ingatkan anggota, semua warga negara bisa menjadi wartawan, semua boleh mengabarkan," ucapnya.

Editor: Surya