Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ditresnarkoba Polda Kepri Musnahkan Barang Bukti Sabu dan Ganja
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 23-03-2022 | 11:28 WIB
pemusnahan-sabu-ganja1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Polda Kepri lakukan pemusnahan barang bukti sabu dan ganja, Senin (27/3/2022). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Direktorat Reserse Narkoba Polda Kepri melakukan pemusnahan barang bukti narkoba dari kasus TP. Narkoba yang terjadi di wilayah Kepulauan Riau periode bulan Maret 2022 dengan jumlah laporan sebanyak 2 (dua) Laporan Polisi dan jumlah tersangka 2 orang tersangka pada Senin (27/3/2022).

Sebanyak 55,5 (lima puluh lima koma lima) gram Narkotika jenis Sabu dan 2.887,38 (dua ribu delapan ratus delapan puluh tujuh koma tiga puluh delapan) gram Narkotika jenis Ganja dimusnahkan oleh Ditresnarkoba Polda Kepri di depan ruang Binopsnal Ditresnarkoba Polda Kepri dan di Pendopo Polda Kepri.

Kegiatan pemusnahan dipimpin oleh Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Kepri Kompol Henry Andar H Sibarani, S.I.K., didampingi PS. Paur I Subbid Penmas Bid Humas Polda Kepri Ipda Zia Ul Hak, SH., dan dihadiri oleh Kejaksaan, BNNP Kepri, BPOM, LSM Granat, dan Advokat.

"Berdasarkan dari dua laporan dengan jumlah tersangka dua orang berinisial MN dan J serta berdasarkan Surat Hasil pemeriksaan Laboratoris Kriminalistik, surat dari Kejaksaan Negeri Batam tentang Ketetapan status barang sitaan Narkotika maka pada hari ini kita laksanakan pemusnahan barang bukti Narkotika jenis sabu dan ganja," jelas Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Kepri, Kompol Henry Andar H Sibarani.

Henry mengungkapkan barang bukti yang berhasil disita dari tangan MN sebanyak 67,5 (enam puluh tujuh koma lima) gram Narkotika jenis Sabu, yang akan dilakukan pemusnahan adalah sebanyak 55,5 (lima puluh lima koma lima) gram Narkotika jenis Sabu, yang telah disihkan seberat 10 (sepuluh) gram Narkotika jenis Sabu untuk dikirim ke Laboratorium Balai Pom Kepri kemudian 2 (dua) gram Narkotika jenis Sabu untuk pembuktian di persidangan.

Selanjutnya barang bukti yang berhasil disita dari tersangka inisial J sebanyak 2.987,5 (dua ribu sembilan ratus delapan puluh tujuh koma lima) gram Narkotika jenis Ganja, yang akan dilakukan pemusnahan adalah sebanyak 2.887,38 (dua ribu delapan ratus delapan puluh tujuh koma tiga puluh delapan) gram Narkotika jenis Ganja, yang telah disihkan seberat 97,12 (Sembilan puluh tujuh koma dua belas) gram Narkotika jenis gram untuk dikirim ke Laboratorium Balai Pom Kepri kemudian 3 (tiga) gram Narkotika jenis Ganja dan pengembalian dari Balai POM untuk pembuktian di persidangan.

"Barang bukti Narkotika jenis sabu dimusnahkan dengan cara di larutkan kedalam air panas dan dibuang ke dalam septic tank dan Narkotika jenis ganja dimusnahkan dengan cara dibakar yang disaksikan langsung oleh kedua tersangka dan tamu undangan dari Kejaksaan, BNNP Kepri, BPOM, Advokat dan LSM Granat," ujar PS. Paur I Subbid Penmas Bid Humas Polda Kepri Ipda Zia Ul Hak, SH.

Para tersangka dikenakan Pasal 114 Ayat (1), (2) dan atau Pasal 112 ayat (2) dan atau Pasal 111 ayat (2) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Dengan ancaman hukuman mati atau pidana seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 tahun atau paling lama 20 tahun.

Editor: Yudha