Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gelar Expo, Rumah BUMN Batam Gaet Kaum Millenial dan Pelaku UMKM
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 22-03-2022 | 12:32 WIB
Festival-BUMN2.jpg Honda-Batam
CEO Muda rumah BUMN Achmad Retno Syafarie dan team. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rumah BUMN Batam menggelar acara Festival BUMN Beri Arti yang dilaksanakan selama tiga hari, 25-27 Maret 2022, di Kawasan Harbourbay Batam, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam.

Festival BUMN Beri Arti menjadi wadah talenta millenial dan UMKM untuk showcase produk, kreativitas, inovasi dan aspirasi. Serta mendorong UMKM agar memberikan ARTI dengan meningkatkan potensi, daya saing dan mempromosikan produk-produk unggulan baik barang maupun jasa.

CEO Muda Rumah BUMN Kepri, Achmad Retno Syafarie menyampaikan, acara festival ini merupakan program dari kementerian BUMN, khususnya di Provinsi Kepri untuk meningkatkan kembali ekonomi yang terpuruk pasca pandemi covid-19.

"Ini merupakan wujud nyata kolaborasi antar BUMN, bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk merangkul pelaku UMKM dan kaum milenial," ungkapnya, saat launching program di Hotel Zest Harbourbay, Senin (21/3/2022) malam.

Dijelaskan, hingga saat ini sudah ada lebih dari 100 UMKM dan 10 komunitas milenial yang sudah mendaftar dalam acara festival tersebut. Selain akan menampilkan inovasi teknologi, kaum milenial dan mitra BUMN juga akan mengisi tenant dengan berbagai produk unggulan mereka.

"Komunitas milenial akan mengisi both, baik produk jualan maupun inovasi teknologi mereka, termasuk mitra binaan yang disupport oleh 10 BUMN," jelasnya.

CEO Muda yang akrab dipanggil Arie ini melanjutkan, ini merupakan kegiatan pertama di Provinsi Kepri, dimana konsepnya menggabungkan milenial dengan UMKM, dan kegiatan ini akan berlanjut sepanjang tahun 2022. Dipilihnya kaum milenial dalam acara festival ini bukan tanpa alasan, disamping sudah masuk dalam program kementerian BUMN, hal ini juga bisa membangkitkan semangat kaum milenial untuk berkarya.

"Merupakan spirit awal buat kaum milenial, sehingga mereka punya wadah dan bisa berkolaborasi dengan UMKM dari mitra BUMN, ini selaras dengan program BUMN, diantaranya pengembangan UMKM, basecamp buat milenial, Informasi tanggap bencana dan penyaluran tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL)," terang Arie.

Kemudian, untuk di Provinsi Kepri sudah hadir rumah BUMN di Batam di bawah naungan PT Telkom, Natuna di bawah naungan PT Telkom dan Karimun di bawah naungan Bank BNI. Saat ini ada 3.639 UMKM binaan di Provinsi Kepri, 70 persen di antaranya berada di Batam.

Bagi masyarakat yang ingin bergabung sebagai mitra binaan BUMN Batam, bisa datang langsung ke kantor PT Telkom di kawasan Sagulung, yang beralamat di Jalan Letjen R Suprapto Batam.

"Pelaku UMKM yang ingin bergabung, silahkan datang langsung ke kantor PT Telkom Sagulung, karena ini sifatnya binaan, maka disarankan masyarakat membentuk kelompok minimal 20 orang," pungkasnya.

Editor: Yudha