Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hindari Kecurangan BBM Subsidi, Pertamina Minta Masyarakat Beralih ke Fuel Card
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Selasa | 15-03-2022 | 11:48 WIB
pertamina-disperindag2.jpg Honda-Batam
Dialog dengan tema 'Bincang - bincang Energi Negeri, antara lingkungan dan energi yang berkeadilan', Pertamina dan Disperindag Batam di Hotel Baverly Lubuk Baja. (Putra/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pertamina dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam meminta agar warga pemegang kartu Brizzi untuk segera melakukan pendaftaran ulang dan mengganti ke fuel card.

Sales Area Manager Retail PT Pertamina (Persero) Provinsi Kepri, Fachrizal Imaduddin, dalam kegiatan dialog dengan tema 'Bincang-bincang Energi Negeri, Antara Lingkungan dan Energi yang Berkeadilan', di Hotel Baverly Lubuk Baja mengatakan, pergantian itu dikarenakan saat ini pihaknya telah menggantinya dengan kartu fuel card.

"Kegiatan hari ini pembahasan tentang energi. Ini merupakan sinerginya Pemerintah Kota Batam dengan Pertamina. Bagaimana caranya agar dapat memberikan BBM subsidi sesuai dengan peruntukkannya," kata Fachrizal, Senin (14/3/2022).

Dijelaskan, pergantian kartu yang dilakukannya bersama Disperindag Kota Batam agar peruntukan BBM subsidi tersebut sesuai dengan yang membutuhkan dan tidak ada lagi yang bermain curang untuk meraih keuntungan pribadi.

Hal ini karena dalam pengawasan yang dilakukan di lapangan, ada ditemukan yang bermain menggunakan kartu brizi tersebut, bahkan ditemukan ada oknum yang melakukan pembelian berulang dan memiliki kartu lebih dari satu.

"Setelah kita evaluasi, sehingga diperlukan register ulang Fuel Card di Kota Batam, ini merupakan inpect positif kita untuk memberikan energi yang berkeadilan untuk masyarakat," ujarnya.

Dia menghimbau kepada masyarakat yang mampu, untuk memakai bahan bakar sesuai untuk jenis kendaraannya, yakni jangan sampai yang punya kendaraan bagus justru malah antri ikut meregistrasi fuel card.

"Kami dengan Pemda, yuk saya mohon mari sama-sama kita sosialisasikan sehingga Fuel Card ini bisa teregister dengan baik, caranya dapat dilakukan via online melalui website https://fuelcard.retaildiv.com," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kota Batam, Gustian Riau menyampaikan, untuk pendaftaran dari brizzi ke fuel card sudah dibuka mulai 1 Maret 2022 hingga 30 Maret 2022.

Sesuai data yang ada bahwa dari jumlah sebelumnya 6.500 kartu, yang sudah mengurus mendaftar ulang baru 582 kartu dari jumlah yang ada.

"Saya mohon kiranya kepada masyarakat Kota Batam yang mau segera melakukan pengurusan kartu Fuel Card segeralah, jangan nanti diakhir bulan baru mengurus," kata Gustian Riau.

Disebutkannya, untuk kelebihan kartu yang baru ini adalah kalau fuel card hanya untuk solar saja dan tidak bisa diupdate dengan yang lain beda dengan Brizzi.

"Kami lagi berusaha semaksimal mungkin bagaimana masyarakat yang ada di Kota Batam maupun pulau dapat menikmati bahan bakar yang sama," tutupnya.

Editor: Yudha