Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Malaysia akan Lakukan Pengamatan Hillal Besok
Oleh : Redaksi
Rabu | 18-07-2012 | 14:49 WIB
ilustrasi_hillal.jpg Honda-Batam
Ilustrasi: pengamatan hillal

KUALA LUMPUR, batamtoday - Hingga kini, pemerintah Malaysia belum menentukan apakah 1 Ramadan 1433 H jatuh pada 20 atau 21 Juli 2012. Penentuan itu sendiri baru dipastikan setelah melalui proses pengamatan bulan baru (rukyah hilal) yang menurut jadwal baru akan dilakukan besok, Kamis(19/7/2012).


Dikutip batamtoday dari dari kantor berita Bernama, Rabu (18/7/2012), pemerintah Malaysia akan melakukan pengamatan serentak di tiga puluh lokasi untuk memastikan kapan 1 Ramadhan agar tidak terjadi pro dan kontra di tengah masyarakat.

Ketiga puluh lokas tersebut, antara lain Pontian Kecil, Johor di sekitar Kompleks Falak Al-Khawarizmi, Kampung Balik Batu, Tanjung Bidara, Melaka; Telok Kemang, Port Dickson, Negeri Sembilan; Bukit Melawati, Kuala Selangor; Pulau Angsa, Kuala Selangor; Bukit Jugra, Banting, Selangor; Observation Hall Selangor, Sabak Bernam; Pantai Pasir Panjang, Mukim Pengkalan Baru in the District of Manjong, Perak; dan Pusat Falak Sheikh Tahir, Pantai Acheh, Penang.

Pemerintah Malaysia telah menyepakati penggunaan metode Rukyah dan Hisab dalam menentukan awal Ramadan. Hasil pengamatan tersebut akan diumumkan melalui radio dan televisi.