Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Ada Alasan Anak Bintan untuk Tidak Sekolah
Oleh : Harjo/Dodo
Senin | 16-07-2012 | 16:41 WIB
Mahfur-Zurahman-Kadisdikpor.gif Honda-Batam
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bintan, Mahfur Zurahman.

TANJUNGUBAN, batamtoday – Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bintan, Mahfur Zurahman mengatakan, tida ada alasan bagi anak di usia sekolah di Bintan untuk tidak bersekolah. Karena kalau alasan ekonomi jelas pemerintah akan tetap mendukung, guna anak etrsebut untuk terus mengenyam pendidikan. 


“Tidak ada alasan lagi anak-anak kita tidak bisa sekolah dnegan alasan apa pun. Walaupun kita masih menemukan adanya anak usia sekolah yang memang enggan untuk melanjutkan sekolah di Bintan, tetapi hal tersebut jelas terkait masalah proses mental,” kata Mahfur Zurahman, kepada batamtoday di Tanjunguban, Senin (16/7/2012).

Terkait masih adanya anak usia sekolah di sejumlah tempat di Bintan, yang enggan melanjutkan sekolah, Disdikpora Bintan sudah menyiapkan program guna melakukan pendekatan, penyuluhan dan lainnya agar pola pikir anak tersebut bisa berubah dan memilih untuk kembali bersekolah. 

“Walaupun dari tahun ke tahun, fenomena tersebut semakin mengecil. Tetapi Disdikpora Bintan, akan tetap berusaha untuk tidak ada lagi anak usia sekolah di Bintan yang tidak melanjutkan sekolah, dengan alasan ekonomi dan lainnya. Karena, bagaimanapun pendidikan lebih penting untuk masa depan anak,” tambahnya.

Semenetara itu, Indra Setiawan, anggota Komisi III DPRD Bintan menegaskan terkait masih adanya temuan anak usia sekolah yang enggan melanjutkan sekolah di sejumlah kecamatan di Bintan diharapkan Disdikpora Bintan dapat membuat program agar pola pikir tersebut dapat berubah di tengah masyarakat.

“Kita sudah sampaikan kepada Disdikpora untuk tidak membiarkan ada anak usia sekolah yang tidak mau melanjutkan pendidikannya. Pola pikir tersbeut tentunya menjadi bagian dan tugas dari Disdikpora, guna memberikan arahan agar anak dan orangtua bisa sama-sama mengerti pentingnya pendidikan untuk masa depan yang lebih baik,” harapnya.