Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sering Dijadikan Arena Balap Liar, Warga Perumahan Greenland Resah
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Senin | 16-07-2012 | 15:17 WIB

BATAM, batamtoday - Warga Perumahan Greenland Batam Centre resah dengan aksi balap liar yang kerap terjadi di jalan raya di depan perumahan tersebut. Tak hanya di siang hari, aksi trek-trekan ini sering dilakukan pembalap liar pada malam hari.


Tanpa memikirkan keselamatan diri sendiri, bahkan pengendara kendaraan yang lainnya, para pembalap jalanan ini memacu laju kendaraan di jalan umum untuk sekadar kepuasaan diri mereka. Parahnya lagi aksi kebut-kebutan itu dilakukan tanpa pengamanan, yakni helm.

"Kami resah dengan aksi balap liar dan kebut-kebutan di jalan depan perumahan kami ini," ujar Tito, warga Perumahan Greenland kepada batamtoday, Senin (16/7/2012).

Bukan nyawa pembalap jalanan itu yang kami pikirkan, lanjut Tito, tapi pengendara kendaraan dan warga sekitar yang kami pikirkan. Jika terjadi kecelakaan siapa yang mau bertanggung jawab, kalau nanti masyarakat sekitar yang disalahkan.

"Apalagi di sini banyak anak-anak, belum lagi ada sekolah di depan perumahan kami. Para pembalap jalanan itu memikirkan itu semua tidak," kesalnya.

Senada dengan apa yang dikatakan, Oji, warga Greenland lainnya yang merasa kesal dengan aksi balap liar yang sering dilakukan di depan perumahannya itu. Sebab, sejak dari beberapa tahun yang lalu di daerah itu sering dilakukan aksi balap liar.

"Dahulu pernah ditertibkan polisi, tapi kini sudah mulai marak lagi. Kami meminta pihak kepolisian untuk kembali turun kembali dan menangkap pelaku balap liar sehingga tak terjadi hal yang tak diinginkan terjadi," harap Oji.

Pantauan batamtoday, selain kerap dijadikan arena balap liar dan kebut-kebutan di jalan tersebut banyak sekali lubang sehingga rawan terjadinya kecelakaan.