Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Berlakukan Minyak Goreng Satu Harga Rp 14 Ribu, Gustian: Tak Ada Alasan Distributor Naikkan Harga
Oleh : CR8
Jum\'at | 11-02-2022 | 13:56 WIB
gustian-riau14.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau, menegaskan harga minyak goreng di seluruh Kota Batam telah diberlakukan satu harga yaitu Rp 14 ribu/liter.

"Kita sudah berlakukan satu harga untuk minyak goreng di seluruh kota Batam, jadi tidak ada alasan distributor atau retail untuk menaikkan harga. Penetapan harga sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kementerian Perdagangan RI per tanggal 1 Februari 2022," tegas Gustian Riau saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (11/2/2022), di Batam Center.

Gustian Riau menjelaskan, sebelumnya Pemko Batam melalui Disperindag telah bekerja sama dengan beberapa distributor melakukan operasi pasar di beberapa lokasi.

"Kita sudah operasi pasar. Kuota keseluruhan minyak goreng yang diedarkan sebanyak 30 ribu liter," ungkapnya.

Menurutnya, harga minyak goreng Rp 14 ribu per liter berlaku di pasar tradisional, pasar retail dan supermarket.

"Panik buying yang terjadi di Sagulung dan Batuaji itu hanya kepanikan masyarakat. Kami tegaskan, stok minyak goreng di Batam mencukupi, bahkan ikut menyumbang ke daerah lain," ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat, jangan cepat terpancing dengan isu-isu yang belum pasti kebenarannya, apalagi isu kelangkaan barang seperti minyak goreng.

"Kami harap kepada masyarakat jangan langsung panik bila mendapatkan info yang belum akurat sehingga terjadi kepanikan. Seandainya hal itu terjadi, pastinya kami langsung turun ke lapangan," pungkas Gustian Riau.

Editor: Yudha