Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nikmatnya Sinonggi, Makanan Khas Suku Tolaki di Kendari
Oleh : Harjo
Selasa | 08-02-2022 | 16:52 WIB
ciak-sinonggi.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Insan Pers Kepri saat menikmati Sinonggi di Kendari sampena HPN 2022, Selasa (8/2/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Kendari - Sinonggi, makanan khas Suku Tolaki di Kendari, Sulawesi Tenggara, salah satu kuliner yang paling banyak diburu para peserta Hari Pers Nasional (HPN) 2022.

Pasalnya, makanan berbahan baku sagu ini, cukup nikmat saat disantap bersama kuah dari rempah-rempah dan ikan. Demikian yang dirasakan Harjo Waluyo, wartawan BATAMTODAY.COM saat menyantap Sinonggi di Kampong Bakau Eko Kuliner Kendari, Selasa (8/2/2022).

Sinonggi, bagi Suku Tolaki --salah satu suku asli Sulawesi Tenggara-- merupakan makanan pokok yang wajib ada dalam setiap acara adat dan acara-acara lainnya. Bahkan, sekarang ini jadi kuliner andalan karena banyak disukai para wisatawan yang berkunjung ke Kendari.

"Bisa dibilang, meski ada nasi, warga suku ini pasti akan memilih Sinonggi karena memang itu makanan pokok," ucap Maiyudin, warga Kendari yang telah beristrikan akan dari Suku Tolaki.

Dengan rasa yang cukup enak itu, ternyata proses memasak Sinonggi tidak terlalu rumit dan tidak membutihkan waktu lama. Sagu, bahan dasar Sinonggi, cukup disiram dengan air mendidih hingga menjadi sebuah adonan bening.

Saat menikmati Sinonggi yang sudah masak, disajikan dengan kuah yang terbuat dari campuran rempah-rempah bersama ikan dan sejenisnya. Hingga menimbulkan aroma khas yang membuat penikmatnya bisa ketagihan.

"Awalnya, mengenal makanan pokok dari Sagu, memang sedikit marasa agak aneh, apalagi kita awalanya memang biasa dengan makanan pokok nasi. Namun lama kelamaan justru, Sinonggi menjadi makanan yang dirasakan enak dan nikmat," ucap dia.

Editor: Gokli