Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Aktivitas Naik Turun 'Pekerja Online' di Hotel King's Batam Gunakan Lift Barang
Oleh : Hadli
Kamis | 27-01-2022 | 12:00 WIB
hotel_king-batam-0111.jpg Honda-Batam
Hotel King'S di Jl. Yos Sudarso No.1, Seraya Atas, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hotel King's Batam disebut masih beroperasi di tengah keterpurukan pariwisata akibat pandemi Covid-19. Namum aktivitas terlihat masih sepi dari pengunjung dan para tamu yang menginap.

Tapi khusus untuk lantai 9 dan 10, disebut-sebut terisi penuh. Mereka yang menginap di dua lantai teratas tergolong long stay selama berbulan-bulan disponsori bos yang merekrut mereka. Dan mereka tidak pulang ke rumah karena memang mayoritas direkrut dari luar Batam.

Namun mereka tidak tergolong tamu hotel, karena merupakan pekerja online yang diperkirakan berjumlah ratusan orang. Merekan bekerja dari kamar hotel dengan jumlah paling banyak untuk satu kamar berisi 3 orang wanita dan lima orang pria untuk kamar yang kapasitasnya lebih besar.

"Kamar perempuan dan laki-laki dipisah," kata Sumber A1 BATAMTODAY.COM, belum lama ini, mengungkap aktifitas permainan online yang ada di Hotel King's beralapmat di JL. Yos Sudarso No.1, Seraya atas, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam.

Sumber juga mengatakan, wajar ratusan orang menginap di sana tak terlihat, sebab mereka di sana bukan sebagai wisatawan tetapi sebagai pekerja.

"Kerja, istirahat tidur mereka di kamar yang sama. Bisa terlihat saat jam makan," tuturnya.

Untuk dapat naik dan turun dari lantai 9 dan 10. Para pekerja online tersebut tidak menggunakan lift tamu. Mereka menggunakan lift barang. "Naik turun menggunakan lift barang. Kalau naik pakai lift biasa ya gak bisa," ujarnya.

Editor: Yudha