Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lingga Belajar Manajemen Kelola Desa Wisata ke Sleman
Oleh : Juhari/Dodo
Jum'at | 13-07-2012 | 15:14 WIB
S4021600.JPG Honda-Batam

Junaidi adjam Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lingga

LINGGA, batamtoday - Sebanyak 25 orang rombongan dari lima Desa Wisata di Kabupaten Lingga melakukan Wokshop dan Studi Lapangan ke Kabupten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.



Utusan lima desa wisata dari Desa Benan, Desa Mepar, Desa Resun, Desa Pena’ah dan Desa Kote itu mempelajari pengelolaan Desa Wisata Brayut dari sisi manajemen, keuangan maupun kegiatan yang menjadi komoditas wisata andalan.

"Kami coba mempelajari bagaimana cara Sleman mengembangkan desa wisata secara profesional untuk dapat diterapkan di Lingga kemudian," kata Junaidi Adjam, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lingga kepada batamtoday melalui pesan singkat, Jumat (13/7/2012).

Selain mempelajari manajemen desa wisata, rombongan dari Lingga juga memperkenalkan potensi pariwisatanya melalui workshop yang digelar Pemkab Sleman dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sleman, Yuni Satya Rahayu.

Rombongan dari Lingga selama di Sleman tinggal di rumah penduduk di kawasan Desa Wisata Brayut. Hal itu juga dilakukan sebagai wahana pembelajaran mengenai bagaimana peran warga desa dalam mendukung jalannya desa wisata.

Junaidi menambahkan, selain belajar di Desa Brayut, rombongan juga akan mempelajari pengelolaan desa wisata lainnya di Sleman, masing-masing Nanggring, Kelor, Pentingsari dan Gamplong.