Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KLM Indra Jaya Tenggelam di Perairan Pulau Abang

Tim SAR Berharap Nakhoda KLM Indra Jaya Ditemukan di Pencarian Hari Terakhir
Oleh : Hendra Zaimi/Ali/Dodo
Jum'at | 13-07-2012 | 11:29 WIB
danlanal-batam.gif Honda-Batam
Kolonel Laut (P) Nurhidayat, Komandan Pangkalan Angkatan Laut Batam.

BATAM, batamtoday - Tim Search dan Rescue (SAR) gabungan dari Lanal Batam, Dit Polair dan Basarnas berharap bisa menemukan korban terakhir tenggelamnya KLM Indra Jaya 188, di pencarian hari ke enam, Jumat (13/7/2012) di perairan Pulau Abang.


Pencarian hari sebelumnya, tim memperlebar jarak pencariannya, sebab kemarin dua jazad yang ditemukan jauh dari titik tenggelamnya kapal. Dimana Jazad Zulkifli Saragih (37) ditemukan lima mil dari titik tenggelam kapal dan Raja Fatahillah ditemukan lebih jauh lagi, yakni jarak 10 mil.

"Di pencarian hari terakhir ini kami berharap bisa menemukan korban, sebab semakin hari kemungkinan korban ditemukan semakin sulit dan jauh ditemukan dari titik lokasi tenggelamnya kapal," ujar Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Dan Lanal) Batam, Kolonel Laut Nurhidayat kepada batamtoday, Jumat (13/7/2012).

Pencarian hari terakhir ini, lanjut Nurhidayat, pihaknya akan melakukannya semaksimal mungkin, meski tinggi gelombang mencapai 2,5 meter. Namun diduga kemungkinan jazad korban bisa menuju ke perairan Lingga mengikuti gelombang dan arah angin.

Hingga berita ini diunggah, pihak tim SAR masih terus melaksanakan proses pencarian dengan melakukan penyisiran di titik tenggelamnya kapal dan pulau-pulau sekitar.

Diberitakan sebelumnya, pihak tim SAR telah berhasil menemukan tiga jazad korban, yakni Robin Wil Sirait, Zulkifli Saragih dan Raja Fatahillah di perairan Pulau Abang.