Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kemampuan Administrasi Perangkat Desa di Bintan Minim
Oleh : Harjo/Dodo
Kamis | 12-07-2012 | 14:53 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday – 25 perangkat di Desa Enkang Ancula, Teluk Sebong mengikuti workshop administrasi desa yang digelar peserta  KKN (Kuliah  Kerja Nyata) Universitas Riau (UNRI) Pekanbaru Gelombang Kedua 2012 bekerjasama PSP3 (Program Pemuda Sarjana Pengerak Pembangunan di Pedesaan) Kepulauan Riau di Kabupaten Bintan.


Tri Apriliani, narasumber dari PSP3 kepada wartawan  melalui telepon, Kamis (12/7/2012) menerangkan workshop administrasi desa dilaksanakan karena pendidikan sejumlah perangkat desa terutama Ketua RT/RW di Desa Ekang Ancula minim, karena sebagian besar lulusan Sekolah Dasar (SD). 

"Kemampuan administrasi masih rendah. Dengan workshop ini kita harapkan perangkat desa dapat meningkatkan kemampuan untuk menyusun administrasi desa," tutur perempuan dengan sapaan Liani tersebut. 

Peningkatan kemampuan ini, kata Liani, berdasarkan Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) nomor 32 tahun 2006 tentang peningkatan kemampuan perangkat desa terkait administrasi di desa. 

Sambung Liani, pemaparan tersebut berupa pokok bahasan tentang pemerintahan desa, administrasi desa, bentuk administrasi pemerintahan desa dan administrasi kependudukan serta administrasi pembangunan dan BPD. 

"Misal soal pemerintah administrasi desa siapa saja perangkat di desa kemudian masyarakat dan hubungan perangkat desa serta transparasi administrasi desa," katanya.  

Dia mengungkapkan persoalan di lapangan yang dihadapi yakni sosialisasi ini masih kurang apalagi sebagian perangkat desa ini bekerja dan tidak punya waktu luang untuk mempelajari dan memahami tentang administrasi desa. 

Namun demikian harapan semoga setelah workshop atau pelatihan ini perangkat desa terutama ketua RT/RW dapat lebih memahami dalam melaksanakan peran dan mensinergikan dan meningkatkan fungsinya dan tugasnya di tengah masyarakat.