Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Presiden Lantik 863 Perwira TNI-Polri
Oleh : Redaksi/Republika
Kamis | 12-07-2012 | 11:25 WIB
SBY1.jpg Honda-Batam
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

MAGELANG, batamtoday - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik para Calon Perwira Remaja (Capaja) menjadi perwira TNI dan Polri dengan pangkat Letnan Dua dan Inspektur Dua. Pelantikan ini dilakukan di lapangan Sapta Marga, Kompleks Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (12/7/2012).


Dalam pelantikan ini, akan ada 836 Taruna Akademi TNI. Mereka terdiri dari 302 dari Angkatan Militer yang terdiri dari 273 taruna dan 43 taruni. Selain itu akan dilantik pula 95 taruna dari Akademi Angkatan Laut, 124 taruna Angkatan Darat. Mereka telah menjalani pendidikan selama empat tahun di akademi masing-masing. 

Sebelum pelantikan tersebut digelar, para Capaja TNI dan Polri sudah mengikuti rangkaian kegiatan yang simultan, di antaranya serah terima jabatan Badan Pimpinan Korps Taruna (Bapimkortar), Apel Pembentukan Satuan Tugas Taruna (Satgastar), Malam Akrab dan berturut-turut Geladi Kader, Geladi Kotor, Geladi Bersih Praspa TNI dan Upacara Pelantikan Perwira TNI, serta Pembekalan oleh para petinggi TNI dan Polri, Ibu Kehormatan Taruna TNI dan Polri. Termasuk diberikan wejangan oleh Presiden SBY. 

Panglima TNI, Agus Suhartono mengatakan di abad 21 terjadi lonjakan Iptek yang pesat sehingga melahirkan berbagai tantangan, khususnya bagi para generasi muda TNI. 

"Arus itu memiliki kecenderungan melemahkan. Kami terus berusaha meningkatkan kinerja dalam pendidikan guna menyiapkan kader yang handal dan profesional, memiliki kapabilitas serta kapasitas," katanya.