Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

NU dan Bahtera Insani Sebar Da'i Selama Ramadhan
Oleh : Harjo/Dodo
Rabu | 11-07-2012 | 19:44 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday - Majelis Wilayah Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Bintan Utara dan Yayasan Bahtera Insani (YBI) telah menyiapkan da'i-da'inya untuk turun ke masjid dan mushalla yang ada di Kecamatan Bintan Utara dan Seri Kuala Lobam, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan yang akan datang beberapa hari lagi.


Dalam rapat MWC yang digelar Selasa (10/7/2012) kemarin, Ketua NU Bintan Utara, Bahari didampingi Ketua Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Usman mengatakan organisasinya menyebar 9 da'i nya ke masjid dan mushalla di wilayah tersebut.

"Kita meyebar 9 da'i untuk ceramah Ramadhan, kuliah tujuh menit (Kultum) menjelang shalat Tarawih," kata Usman, yang juga Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bintan Utara.

Sedangkan YBI yang sudah sepuluh tahun menyebar da'i ke kampung-kampung telah menyiapkan 40 da'i terbinanya. Bahtera Insani tahun ini juga bekerjasama dengan Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) dalam menghimpun zakat, infaq dan shodaqoh dan kuitansi pembayaran zakatnya bisa dijadikan pengurang pajak penghasilan.

"Kita menyiapkan 40 da'i terbina dan menyiapkan petugas Zakat yang terlatih dibawah koordinasi Lembaga Amil Zakat (LAZ) PKPU," kata Subhan, Ketua YBI.

NU dan YBI juga menyiapkan acara yang sama selama Ramadhan, yaitu safari Ramadhan, buka puasa bersama, maupun halal bihalal.