Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Zulkifli Ditemukan Lima Mil dari Titik Kapal Tenggelam
Oleh : Hendra Zaimi/Ali/Dodo
Rabu | 11-07-2012 | 12:38 WIB
kapal-basarnas.gif Honda-Batam
Kapal milik Basarnas yang dilibatkan dalam proses pencarian korban tenggelamnya KLM Indra Jaya 188.

BATAM, batamtoday - Proses pencarian korban di hari keempat terhadap kapal tenggelam Kapal Layar Motor (KLM) Indra Jaya 188, kembali menemukan hasil, jazad Zulkifli Saragih (38), ABK kapal ditemukan sekitar lima mil dari titik lokasi kapal tenggelam di Perairan Pulau Abang, Galang, Rabu (11/7/2012) sekitar pukul 10.30 WIB.


"Korban ditemukan mengambang di permukaan laut dengan posisi tertelungkup sekitar lima mil dari titik tenggelamnya kapal," ujar Komandan Pangkalan Angkatan Laut Batam, Kolonel Laut (P) Nurhidayat kepada batamtoday.

Ketika ditemukan, lanjut Nurhidayat, jazad korban masih mengenakan pakaian yang dikenakannya sebelum peristiwa naas itu. Kondisi jazad sendiri juga masih utuh.

"Jazadnya masih utuh dan masih mengenakan pakaian yang dikenakannya ketika peristiwa naas itu terjadi," lanjutnya.

Selanjutnya, Jazad dipindahkan ke kapal tim SAR untuk dibawa ke Pelabuhan Telaga Punggur untuk diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) sebelum dibawa ke Rumah Sakit Otorita Batam (RSOB).

Dengan ditemukan jazad korban Zulkifili Saragih, jumlah korban tenggelam yang berhasil ditemukan bertambah menjadi dua orang, sebab satu hari sebelumnya tim SAR berhasil menemukan jazad Robin Wil Sirait tak jauh dari lokasi kapal tenggelam.

Kini proses pencarian masih terus dilakukan untuk mencari dua korban lainnya, yakni Heng Lam (Nakhoda) dan Raja Fatahillah (ABK).