Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Soal Antrian BBM ke SPBU Karimun

Legislatif Nilai Kinerja Perusda Sangat Lemah
Oleh : Khoiruddin Nasution/Dodo
Rabu | 11-07-2012 | 11:29 WIB

KARIMUN, batamtoday – Polemik antrian Bahan Bakar Minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Karimun mulai terkuak. Ternyata, PT Ology Karimun Bumi Sukses (OKBS) selaku pengelola SPBU Karimun, sudah setahun tidak memiliki Dewan Komisaris. Sehingga langkah serta kebijakan Perusahaan, tidak serta merta dapat diambil. 


Sementara itu dalam minggu ini, PT Era Pradipta Cipta Mandiri (EPCM) yang berlokasi di Meral, sudah dapat beroperasi dengan kapasitas layanan BBM sebanyak 200 Kl. Sebab Pertamina telah membuka izin operasi perusahaan tersebut. Sehingga masyarakat juga dapat membeli BBM di lokasi itu.

Pernyataan itu disampaikan ketua Komisi B DPRD Karimun  Jhon Abrison kepada batamtoday, usai mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan PT OKBS dan PT Era Pradipta Cipta Mandiri (EPCM), Selasa (10/7/2012) kemarin.

Dari hasil RDP yang digelar tertutup itu, diketahui bahwa di dalam PT OKBS selaku pengelola SPBU Karimun, Perusda memiliki saham sebesar 51 persen. Sedangkan PT KPK sebanyak 24 persen dan PT PKM sebanyak 25 persen.  

“Kami sangat menyayangkan kinerja Perusda yang begitu lamban. Padahal mereka memiliki saham terbesar di PT OKBS. Tapi mengapa mereka tidak mengusulkan segera dibentuk Dewan Komisaris di perusahaan itu,” ujar ketua komisi yang membidangi Ekonomi dan Keuangan itu. 

Kendati dalam RDP tersebut Dirut Perusda, Usmantono berjanji akan memperbaiki kinerjanya, namun komisi B tetap memberikan batas waktu untuk memperbaiki kinerjanya itu. Baik secara teknis, maupun di dalam Rapat Pemegang Saham (RPS).

Salah satu solusi guna memenuhi kebutuhan BBM bagi masyarakat Karimun katanya lagi, dalam waktu dekat, Perusda akan menambah 3 unit tangki yang masing-masing berkapasitas 45 Kl.  Salah satu tangkinya akan diisi BBM jenis Pertamax. 

“Untuk penambahan itu, kita dapat menikmatinya 3 bulan kemudian. Dan kabar baik untuk masyarakat Karimun, bahwa SPBU PT EPCM yang di Meral sudah beroperasi dalam minggu ini,” ujarnya mengakhiri.