Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bahas Kontra-Terorisme dan Ekstremisme, Mendagri Australia Temui Menko Polhukam Mahfud MD
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 24-12-2021 | 14:04 WIB
A-MENDAGRI-AUS-MAHFUD.jpg Honda-Batam
Mendagri Australia Karen Andrews dan Mahfud MD melakukan pertemuan pada 23 Desember 2021 di Jakarta. (Foto: Kedubes Australia)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kontra-terorisme dan ekstremisme menjadi bahasan pokok pertemuan Dewan Menteri Australia-Indonesia pada Kamis (23/12/2021).

Pertemuan yang membahas tentang hukum dan keamanan (MCM) ini diketuai oleh Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri Australia Karen Andrews. Keduanya membahas beberapa prioritas bersama selama pertemuan yang berlangsung di Jakarta.

Selain membahas kontra-terorisme dan ekstremisme kekerasan, kedua menteri membahas peningkatan keamanan maritim dan siber.

"Kolaborasi kita untuk menjaga warga negara tetap aman dan terlindungi, dan untuk melindungi kemakmuran ekonomi jangka panjang, mencerminkan komitmen bersama kita terhadap keadilan dan supremasi hukum," kata Menteri Andrews, seperti dikutip dari keterangan kedua menteri yang diterima Kantor Berita Politik RMOL.

Ia mengatakan, meskipun ada tantangan yang timbul karena pandemi Covid-19, adalah hal yang luar biasa dapat bertemu secara langsung untuk membahas kemajuan baik yang telah kedua negara capai sejak MCM terakhir.

"Pertemuan hari ini memperkuat pemahaman erat yang ada di antara kedua negara kita dan telah menjajaki peluang untuk kolaborasi erat lebih lanjut dalam berbagai masalah penting," ujar Andrews, menambahkan bahwa Australia dan Indonesia menikmati hubungan yang sangat baik dan merupakan mitra yang kuat dalam penegakan hukum dan masalah keamanan.

Andrews juga menyampaikan terima kasih kepada Indonesia dan Mahfud karena telah mengizinkan Australia menyelenggarakan pertemuan ini di Indonesia. Ia pun mengundang Indonesia untuk hadir di Australia pada 2022 untuk menjadi ketua bersama pada MCM berikutnya.

Mahfud pada gilirannya menyatakan keyakinannya bahwa dialog bilateral tentang masalah hukum dan keamanan akan semakin memperkuat kerja sama kedua negara.

"Diskusi ini menunjukkan keinginan kuat kedua negara sahabat untuk bekerja sama mengatasi tantangan bersama di bidang hukum dan keamanan. Kami menegaskan kembali komitmen kami untuk bekerja sama dan berkolaborasi dalam berbagai hal," ujar Mahfud.

MCM adalah forum tahunan yang mempertemukan Menteri Dalam Negeri Australia dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia untuk membahas dan meningkatkan kerja sama antara kedua negara tetangga dalam prioritas bersama yang penting.

Tahun lalu, karena terhalang pandemi, MCM ke-7 yang berlangsung pada 27 Oktober 2020 dilakukan secara daring.

Sumber: RMOL
Editor: Dardani