Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PNPM Teluksebong Santuni Anak Yatim
Oleh : Harjo/Dodo
Selasa | 10-07-2012 | 20:01 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday - Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Kecamatan Teluksebong menyantuni 140 anak yatim, berupa perlengkapan sekolah.


140 anak yatim yang mendapat santunan, berasal dari Desa Sri Bintan, Berakit, Pengudang, Ekang Anculai, Sebong Lagoi, Sebong Pereh dan Kelurahan Kota Baru. Masing-masing Desa/Kelurahan 20 anak yatim.

"Santunan anak yatim ini diambilkan dari sebagian sisa hasil usaha (SHU) terbagi dari usaha Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPKP) untuk tahun anggaran 2011 sebesar Rp21 juta," kata fasilitator PNPM Kecamatan Teluksebong, Zulkifli, Selasa (10/7/2012).

Pemberian santunan ini terang Zulkifli, merupakan bakti sosial dari PNPM Teluksebong kepada masyarakat. Sehingga PNPM bukan hanya dilihat sebagai penggerak pembangunan fisik dan non fisik saja, namun juga keberadaan PNPM sebagai penggerak kepedulian sosial.

"Multiplier effect-nya dari PNPM sampai kepada dana sosial yang kontinyu untuk diberikan kepada masyarakat kurang mampu. Tahun ini untuk anak yatim, sedangkan tahun lalu untuk wanita lanjut usia (Lansia)," tuturnya.

PNPM Teluksebong berkeliling ke setiap kantor desa dan kelurahan untuk menyerahkan santunan berupa perlengkapan sekolah kepada anak-anak yatim didampingi oleh Kepala Desa dan Lurah setempat.

Tukirah, salah satu orang tua anak yatim penerima santunan mengucapkan terimakasih atas pemberian perlengkapan sekolah. Ia mengatakan kesuksesan PNPM bukan hanya dalam pembangunan fisik yang transaparan dan penggerak usaha perdesaan saja namun mampu menyentuh kehidupan masyarakat yang kurang upaya atau tidak mampu.