Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

1 Jazad ABK KLM Indra Jaya 188 Ditemukan, 3 Lainnya dalam Pencarian
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Selasa | 10-07-2012 | 15:11 WIB
mayat.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Robin Wil Sirait (27), salah satu ABK Kapal Layar Motor (KLM) Indra Jaya 188, akhirnya berhasil ditemukan tim SAR dari Lanal Batam di perairan Pulau Abang, Galang tak jauh dari posisi tenggelamnya kapal dalam proses pencarian di hari ketiga ini, Selasa (10/7/2012) sekitar pukul 13.30 WIB.


Ketika ditemukan, jazad korban dalam keadaan posisi tertelungkup dan mengambang di atas permukaan laut. Dimana kondisinya masih utuh dan berpakaian lengkap seperti yang dikenakan pada peristiwa naas itu.

"Korban ditemukan dalam kondisi tertelungkup dan mengapung di perairan sekitar Pulau Abang tak jauh dari titik lokasi tenggelamnya kapal," ujar Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Dan Lanal), Kolonel Laut (P) Nurhidayat kepada batamtoday.

Dalam proses pencarian ini, lanjut Nurhidayat, pihaknya membawa serta para keluarga korban untuk mempermudah mengenali korban jika ditemukan dalam evakuasi tersebut.

"Kita membawa serta keluarga korban dalam proses pencarian ini, buktinya tadi orang tua korban sendiro yang mengenali langsung jazad anaknya karena mengenali tanda-tanda pada korban," terangnya.

Selanjutnya, Jazad dipindahkan ke kapal tim SAR untuk dibawa ke Pelabuhan Telaga Punggur untuk diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) sebelum dibawa ke Rumah Sakit Otorita Batam (RSOB).

"Jazad terpaksa kita pindahkan ke kapal tim SAR guna ditempatkan ke boks pendingin, sebab di kapal milik kita tak memiliki alat itu," lanjutnya.

Hingga berita ini diunggah, jazad korban masih dalam perjalanan menuju ke RSOB. Sedangkan proses pencarian masih terus dilaksanakan, dengan memecah tim beberapa lokasi titik pencarian.

"Kini proses pencarian masih terus dilakukan, mudah-mudahan hari ini kita dapat menemukan korban lainnya," pungkas Nurhidayat.