Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Parkir Semrawut, Manajemen Hang Nadim Angkat Tangan
Oleh : Ali/Dodo
Selasa | 10-07-2012 | 13:14 WIB

BATAM, batamtoday - Bandara Hang Nadim Batam merupakan salah satu corong pintu masuk di tanah air. Namun sangat disayangkan kondisi parkir di bandara tersebut semakin semrawut dari tahun ke tahun. Padahal tempat parkir di wilayah penerbangan ini sudah tersedia sangat luas.


Kepala Bidang Komersil Bandara Hang Nadim, Dendi Gustinandar mengakui bahwa kemacetan di luas jalan depan lobi keberangkatan maupun lobi kedatangan terjadi tiap jam. Dendi menyebut kemacetan terjadi disebabkan kurangnya rasa kesadaran dari pemilik kendaraan untuk parkir sesuai tempatnya.

Menurut Dendi, pihak manajemen bandara telah memasang plang larangan parkir di beberapa titik depan lobi bandara. Bahkan, katanya,  sudah sering menyampaikan secara langsung kepada setiap pemilik mobil, akan tetapi tidak pernah mau didengarkan.

"Kita sudah berusaha semaksimal mungkin, mau secara lisan dan tulisan, bahkan saya sendiri sering turun langsung ke lapangan mengatur parkir, tapi memang sulit karena rasa kesadaran para pemilik mobil tidak ada sama sekali," ujarnya.

Dari pantauan batamtoday di lapangan, kondisi semrawutnya parkir yang mengakibatkan kemacetan di wilayah Bandara Hang Nadim ini yang diakibatkan karena adanya puluhan mobil terparkir di sembarang tempat. 

Bahkan, kemacetan terjadi juga dikarenakan pengemudi enggan memarkirkan kendaraannya di lahan parkir yang tersedia melainkan menunggu penumpang yang di jemput di jalan tersebut. Plang pemberitahuan yang bertuliskan "Dilarang parkir di sini"juga tidak pernah diindahkan oleh pemilik mobil- mobil tersebut.

Terlebih lagi, suasana kemacetan yang terjadi saat hujan turun. Lahan parkir mobil seakan sepi karena hampir semua mobil yang hendak mengantar dan menjemput penumpang parkir di badan jalan, tepat di depan lobi bandara Hang Nadim.