Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

22 UMKM di Karimun Dapat Bantuan Modal Rp 1 Miliar dari PT Timah Tbk
Oleh : Freddy
Selasa | 14-12-2021 | 19:37 WIB
modal-UMKM.jpg Honda-Batam
Perwakilan PT Timah Tbk saat menyerahkan bantuan modal kepada pelaku UMKM di Kabupaten Karimun, Selasa (14/12/2021). (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - PT Timah Tbk selaku BUMN kembali menggelontorkan dana bantuan triwulan IV-2021 sebesar Rp 1.005.000.000 bagi 22 UMKM di Kabupaten Karimun.

Penyerahan bantuan itu berlangsung di Gedung Serbaguna Wisama Timah Kundur, Selasa (14/12/2021). Dana yang digelontorkan melalui program pendanaan UMKM tersebut, sebagai upaya PT Timah mendorong UMKM di Kabupaten Karimun dapat terus berkembang dan mandiri.

Agus Salim, seorang pedagang sayuran di Pasar Tani, Tanjung Batu mengatakan, dengan menjadi mitra binaan PT Timah Tbk berencana untuk mengembangkan usahanya dan meningkatkan pemasaran. "Saya mau menambah barang yang akan dijual ke luar Tanjung Batu dan ini membutuhkan tambahan modal," kata dia.

Lewat program pendanaan UMKM dari PT Timah, Agus Salim mau meminjam modal dari perusahaan tersebut karena banyak kemudahan dan biaya cicilan itu baru dimulai bulan keempat.

Menurutnya, melalui program UMKM dari PT Timah tentunya sangat membantu pelaku usaha, tidak hanya soal permodalan saja yang diharapkan tetapi juga perlu adanya pembinaan dalam pengembangan usaha.

"Program yang dibuat PT Timah Tbk sangat tepat sekali dan sangat membantu bagi pelaku UMKM ini yang ingin mengembangkan usaha, apalagi dengan proses yang simple dan mudah," kata dia.

Ia berharap program ini akan terus berlanjut sehingga pelaku UMKM yang ada di Pulau Kundur dapat memanfaatkan program ini, karena sangat bagus dan membantu.

Hal senada disampaikan Jais, nelayan Kelurahan Sawang, Kecamatan Kundur Barat, yang memanfaatkan program ini untuk menambah alat tangkap seperti menganti mesin pompong, perbaikan pompong dan menambah jaring serta keperluan sarana lainnya.

Menurut dia, program ini sangat bagus dan transparan, di mana tidak ada potongan dana saat pencairan serta ada kemudahan bagi pelaku usaha. "Program ini memang benar-benar untuk membantu UMKM. Semoga program ini bisa terus berlanjut pada tahun berikutnya," harap Jais.

Penyaluran bantuan ini dihadiri Kepala Unit Produksi Wilayah Kepri dan Riau, Tongga P Situmorang; Divisi CSR Pangkal Pinang, Agustian; Koordinator PPM Kepri dan Riau, Eka Budhy Susanto serta para calon mitra binaan.

Editor: Gokli