Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bintan Menggeliat Songsong Penilaian Adipura 2013
Oleh : Harjo/Dodo
Senin | 09-07-2012 | 18:32 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday – Menyambut penilaian penghargaan kota terbersih, Adipura 2013, Kabupaten Bintan mengusulkan Kota Kijang dan Kota Tanjunguban sebagai kota penilaian. Camat Bintan Utara Dahlia Zulfa turun ke jalan untuk menemui sejumlah pedagang dan pemilik toko di sepanjang jalan raya Permaisuri Tanjunguban untuk menyukseskan hal tersebut.

 
"Menyongsong Kota Adipura, Pemerintah Kecamatan dari sekarang sudah melakukan segala persiapan antara lain meningkatkan gotong royong dan menjaga kebersihan lingkungan," ungkap Dahlia Zulfah Camat Bintan Utara, di Tanjunguban, Seni (9/7/2012). 

Dikatakan Dahlia, ada beberapa poin masuk dalam penilaian Kota Adipura yakni penataan kota, kebersihan dan ketertiban kota, sistem pengolahan sampah dan TPS (Tempat Pembuangan Sementara) dan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) serta puskesmas, rumah penduduk terutama wc/jamban dan kebersihan sekolah. 

Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di sepanjang jalan Permaisuri Tanjunguban akan ditata sehingga terlihat nyaman dipandang oleh pengunjung. 

"Tanjunguban makin hari makin ramai, apalagi adanya kapal roro membuat kendaraan berat ke Tanjungpinang lewat Tanjunguban," katanya. 

Sementara itu, Hendro selaku koordinator DKP di Kecamatan Bintan Utara mengatakan pihaknya akan menata pinggir jalan Permaisuri dengan tanaman. 
"Begitu selesai pelebaran jalan dan pengaspalan kita akan meletakkan bunga di pinggir jalan namun kita minta masyarakat menjaga," ucapnya. 

Kemudian untuk pedagang kaki lima, ia mengharapkan agar dapat menjaga kebersihan. 

"Saran saya sebaiknya rombong di belakang dan yang dekat jalan kursi pembeli, jadi sedikit lapang. Kemudian kalau sudah pagi sebaiknya segera dibersihkan karena aktivitas pagi perkantoran sudah padat, agar tidak menganggu pemandangan," harapnya. 

Sementara soal sampah, ia mengatakan DKP selain akan hadir taman kota di Sakera. Pihaknya juga akan menambah Tempat Pembuangan Sementara agar masyarakat dapat membuang sampah di tempatnya.