Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Personel Gabungan Diterjunkan Kawal Demo Buruh Batam
Oleh : Paskalis Rianghepat
Senin | 06-12-2021 | 10:32 WIB
kapolresta-barelang11.jpg Honda-Batam
Kapolresta Barelang, Kombes Pol Yos Guntur pantau demo buruh di Kawasan Industri Panbil. (Paskalis Rh/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 800 personel gabungan Polresta Barelang dan Brimob Polda Kepri diterjunkan untuk mengamankan demo buruh menolak Pengesahan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kota (UMK) di kawasan Industri Panbil, Senin (6/12/2021).

Kapolresta Barelang, Kombes Pol Yos Guntur mengatakan ratusan pasukan disiagakan untuk mengawal aksi demo yang dilakukan buruh dari berbagai serikat pekerja yang ada di Kota Batam.

"Ada 800 Personel kita siagakan untuk mengawal aksi demo hari ini," kata Yos Guntur kepada BATAMTODAY.COM saat ditemui di Simpang Panbil.

Yos menyebut demo hari ini dipusatkan di Gedung Graha Kepri, Batam Center. Ia mengatakan aparat keamanan tetap mengedepankan tindakan persuasif dan humanis.

Di sisi lain, Yos mengimbau massa melakukan aksi secara damai. Ia pun mengingatkan massa tak terprovokasi kelompok yang berencana membuat rusuh dalam aksi nanti.

Menurut Yos, aparat keamanan akan bertindak tegas terhadap siapa pun yang mencoba membuat kerusuhan dalam demo hari ini.

"Para pendemo yang nantinya terbukti melakukan aksi anarksi nanti akan kita tindak tegas. Intinya kita dari kepolisian siap mengamankan seperti biasa," pungkasnya.

Hingga berita ini di publish, arus lalulintas masih mengalami kemacetan parah di kawasan simpang panbil.

Editor: Yudha