Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SPF Tumpas Sindikat Pembobol Rumah Lintas Negara
Oleh : Redaksi/Mg
Senin | 09-07-2012 | 09:56 WIB
Singapore_Police_Force-batamtoday.jpg Honda-Batam
Singapore Police Force (SPF) saat melakukan penangkapan, foto:SPF.gov.sg

SINGAPURA, batamtoday - Kepolisian Singapura (SPF) berhasil menangkap sejumlah anggota sindikat pembobol rumah yang ditengarai akan beraksi di sejumlah kawasan di Singapura. Keberhasilan tersebut merupakan buah dari kerjasama dengan Kepolisian Hongkong.


Penangkapan sindikat pembobol rumah berawal dari adanya informasi dari Kepolisian Hongkong bahwa sejumlah anggota sindikat pembobol rumah yang dicari polisi Hongkong, saat ini berada di Singapura. Kemungkinan mereka akan beraksi dalam waktu dekat.

Berbekal informasi tersebut, SPF lansung melakukan pelacakan sindikat yang dimaksud. Setidaknya sejak Rabu pekan lalu, anggota sindikat sudah berhasil dideteksi. Bahkan dalam pernyataan resmi SPF, sindikat tersebut telah dipantau 24 jam sehari dalam bebereapa hari sebelum penangkapan. 

"Informasi dari Kepolisian Hongkong yang kami terima cukup tepat waktu, mereka menyatakan ada sindikat pembobol rumah yang selama ini beraksi lintas negara akan kembali melakukan aksinya di Singapura, karena itu kami melakukan pelacakan hingga berbuah pada penangkapan ini," kata juru bicara SPF, dikutip batamtoday dari Cyberita Asia, Senin(9/7/2012).

Setelah yakin bahwa sosok yang dimaksud adalah sindikat pembobol rumah, SPF baru  melakukan penangkapan pada Sabtu(7/7/2012) lalu. Tiga tersangka yang berusia sekitar 50 hingga 55 tahun berhasil diamankan.

"Keberhasilan operasi ini adalah hasil hubungan kerjasama yang erat dan pertukaran informasi yang tepat waktu antara kededua pasukan polisi (Singapura dan Hongkong.red) itu dalam memerangi kejahatan transnasional. Ini memperkuat hubungan kerja yang erat yang telah dikembangkan melalui kerjasama berkelanjutan selama bertahun-tahun," kata Komandan Divisi Polisi Bedok, Wakil Asisten Komisioner (DAC) How Kwang Hwee.

Bersamaan dengan penangkapan tersebut, turut diamankan barang bukti berupa alat pembobol rumah seperti gergaji, linggis dan lainnya. Tidak hanya itu, dari tempat persembunyian tersangka di kawasan elit, perumahan privet di Tanjong Katong, ditemukan sarung tangan serta peta Singapura juga alat komunikasi walkie-talkie.