Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Zainal Abidin Jadi Ketua AJI Batam
Oleh : Ocep
Sabtu | 07-07-2012 | 21:27 WIB
konferta_AJI.gif Honda-Batam
Konferta AJI Batam 2012 di Hotel Swiss Inn, Sabtu (7/7/2012). (Foto: Iwan)

BATAM, batamtoday - Zainal Abidin, wartawan Harian Batam Pos dan Nikolas Panama dari Kantor Berita Antara, masing-masing berhasil terpilih menjadi Ketua dan Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Batam periode 2012-2015.


Pemilihan kedua jurnalis itu dilakukan dalam Konferensi Kota (Konferta) AJI Batam yang digelar di Hotel Swiss Inn, Sabtu (7/7/2012).

Dalam prosesi pemilihan paket Ketua dan Sekretaris, keduanya berhasil memperoleh dukungan 13 suara berbanding 9 suara yang didulang pasangan Putut Aryotejo - Andri.

Awalnya, ada enam paket Ketua dan dan Sekretaris yang diusulkan para peserta forum Konferta, namun pemilihan urung dilakukan karena lima dari enam pasangan itu di tengah jalan mengundurkan diri dari pencalonan dengan pertimbangan belum siap memimpin AJI Batam.

Agenda pemilihan pun sempat buntu (deadlock) karena salah satu figur dari pasangan calon yang masih ada, juga mengundurkan diri.

Figur itu adalah Muhammad Nur, Ketua AJI Batam sebelumnya, yang mundur dengan alasan meskipun tidak menyalahi aturan, AJI tidak memiliki tradisi dimana posisi ketua menjabat selama dua periode berturut-turut.

Setelah forum Konferta dilanjutkan, para peserta kembali mengusulkan paket calon dan diusulkanlah kedua pasangan tesebut.

Proses pemungutan suara (voting) pun ditempuh karena keduanya tetap memastikan diri untuk terus melanjutkan pencalonan dan akhirnya dimenangkan pasangan Zainal - Niko.

Usai Konferta, Zainal atau akrab disapa Enal mengucapkan apresiasinya terhadap seluruh anggota AJI Batam yang telah melaksanakan Konferta pada hari ini.

"Tidak ada yang menang dan kalah dalam Konferta, ini hanya masalah amanah. Kebetulan pada periode ini kawan-kawan mengamanahkan AJI Batam kepada saya dan bung Niko," tuturnya.

Sesuai aturan organisasi, lanjut dia, setelah pelaksanaan Konferta, Ketua dan Sekretaris terpilih akan menyusun susunan kepengurusan bersama dengan Majelis Etik yang juga diisi oleh kalangan akademisi dan selanjutnya membuat program-program kerja.

Enal mengatakan, ada tiga kebijakan yang menjadi prioritas AJI Batam pada periode berikutnya sesuai hasil Konferta yang telah diputuskan setelah agenda pemilihan.

Ketiga kebijakan prioritas itu, antara lain peningkatan kapasitas anggota dalam hal keorganisasian dan kejurnalistikan, pelaksanaan uji kompetensi jurnalistik (UKJ) serta memperkuat konsolidasi dengan organisasi jurnalis lainnya, terutama dalam hal tindakan advokasi terhadap kekerasan pers yang beberapa waktu terakhir banyak terjadi di Indonesia.

Sebelum agenda pemilihan, forum Konferta AJI Batam juga melakukan pembahasan laporan pertanggungjawaban (LPj) pengurus sebelumnya di bawah kepemimpinan Muhammad Nur.

Dimana LPj tersebut dapat diterima oleh para peserta forum dengan catatan-catatan yang hanya ke masalah koordinasi tugas internal, tidak menyentuh ke masalah keuangan.