Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mahasiswa STAIN Sultan Abdurrahman Kepri Manfaatkan Hasil Kebun Warga Jadi Minuman Herbal
Oleh : Syajarul Rusydy
Kamis | 28-10-2021 | 17:56 WIB
minuman-herbal-STAIN.jpg Honda-Batam
Minuman herbal hasil olahan Mahasiswa KKN STAIN Sultan Abdurrahman Kepri di Kampung Jawa, Kabupaten Bintan. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Mahasiswa KKN Kelompok 7 dari STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, berhasil membuat minuman herbal dari hasil perkembunan warga Kampung Jawa, Kelurahan Sei Lekop, Kabupaten Bintan.

Minuman herbal ini dipercaya bisa meningkatkan imun tubuh. Bahan-bahan yang digunakan seperti serai, jahe, lemon, kayu manis dan madu.

Siti Anugerah Ani, salah seorang mahasiswa Prodi Hukum STAIN Sultan Abdurrahman Kepri, menyampaikan, minuman herbal itu mereka racik setelah melihat tanaman herbal di perkebunan warga.

"Kami berinisiatif untuk membuat minuman tersebut bersama warga dan mengajak mereka untuk mempromosikan minuman ini supaya dapat membantu perekonomian, khususnya di tengah pandemi Covid-19, saat ini," kata Ani, Kamis (28/10/2021).

Dengan kondisi pandemi saat ini, lanjut Ani, minuman herbal sangat cocok untuk dikonsumsi, untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

"Kondisi pandemi seperti ini memang diperlukan asupan makanan dan minuman yang dapat meningkatkan imun tubuh terlebih jahe dan kayu manis yang memberikan aroma yang khas kehangatan pada tubuh. Serai yang membuat peredaran darah menjadi lancar serta dipadukan dengan gula aren yang menambah kenikmatan pada minuman tersebut," jelasnya.

Dosen pembimbing lapangan Mahasiswa KKN itu, Maisarotil Husna menambahkan, pembuatan minuman herbal ini merupakan program kerja mahasiswa KKN yang sesuai dengan tema KKN STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau yaitu 'Moderasi Beragama dan Peningkatan Sosial Perekonomian Masyarakat'.

"Dengan melihat potensi sumber daya alam yang ada di Kampung Jawa ini maka dimanfaatkan oleh mahasiswa KKN untuk dijadikan sebuah produk minuman yang dibuat bersama masyarakat sekitar," katanya, dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

Editor: Gokli