Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Barcelona Pecat Koeman, Ini 5 Calon Penggantinya
Oleh : Redaksi
Kamis | 28-10-2021 | 09:17 WIB
pirlo1.jpg Honda-Batam
Andrea Pirlo masuk dalam bursa calon pelatih Barcelona. (AP)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Barcelona kini memburu pelatih baru setelah mendepak Ronald Koeman dari kursi pelatih. Berikut lima calon pengganti Koeman.

Koeman harus lengser dari posisinya setelah Barcelona takluk 0-1 dari tumah rumah Rayo Vallecano. Gol tunggal yang menentukan kemenangan Vallecano dijaringkan Radamel Falcao.

Kekalahan di markas Vallecano membuat Barcelona tak kunjung bangkit di Liga Spanyol. Barcelona di laga sebelumnya takluk 1-2 dari Real Madrid dalam laga bertajuk El Clasico di Camp Nou, 24 Oktober lalu.

Tak lama setelah kekalahan dari Vallecano, Barcelona mengumumkan pemecatan Koeman. Pelatih asal Belanda itu akan berpisah dengan pemain pada Kamis (28/10) waktu setempat.

Kepergian Koeman membuat kursi pelatih Barcelona kini lowong. Berikut lima calon pelatih pengganti Koeman di tim Catalan:

1. Xavi Hernandez
Xavi sudah sejak lama dikaitkan dengan Barcelona. Hal itu lumrah karena Xavi merupakan salah satu pemain legendaris di Barcelona, sama halnya seperti Koeman.

Semasa masih memperkuat Barcelona, peran Xavi di lini tengah tidak tergantikan. Ia jadi sosok penting dalam era keemasan Barcelona bersama Andres Iniesta dan Lionel Messi.

Xavi saat ini masih berstatus pelatih klub Qatar, Al Sadd. Karier Xavi di sana juga bergelimang gelar karena sejauh ini telah mempersembahkan enam gelar.

Xavi dilaporkan jadi calon kuat untuk menempati kursi yang ditinggalkan Koeman.

2. Marcelo Gallardo
Gallardo jadi salah satu nama yang juga dikaitkan dengan Barcelona. Pelatih klub Argentina, River Plate itu disebut memenuhi kriteria melatih tim yang sementara ini menempati posisi kesembilan klasemen.

Kans Gallardo untuk berlabuh di Barcelona juga cukup terbuka. Pelatih berusia 45 itu akan habis kontraknya pada 31 Desember mendatang.

Gallardo berhasil mengantarkan River Plate dua kali juara Copa Libertadores, 1 Copa Sudamericana, hingga gelar Piala Argentina.

3. Erik ten Hag
Ten Hag menjadi kandidat berikutnya yang kerap dikaitkan dengan Barcelona. Ten Hag dianggap sosok ideal karena memiliki filosofi bermain yang mirip dengan Barcelona di Ajax Amsterdam.

Ten Hag dikenal sebagai pelatih yang menyukai sepak bola ofensif. Ia juga menekankan permainan yang agresif pada timnya saat kehilangan bola.

Pelatih berusia 51 itu tergolong sukses di Ajax. Dua gelar Eredivisie dan Piala KNVB diraih Ten Hag bersama Ajax.

Pesan Menyayat Hati dari Shin Tae Yong untuk Timnas U-23
Lupakan Kekalahan, Timnas U-23 Siap Hajar Australia di Leg Kedua

4. Roberto Martinez
Martinez masuk kategori pelatih berpengalaman. Martinez saat ini masih berstatus pelatih timnas Belgia.

Martinez memulai kariernya dengan menukangi Swansea City dan berlanjut dengan melatih Wigan Athletic serta Everton sebelum berlabuh di timnas Belgia.

Martinez merupakan pelatih yang mengedepankan penguasaan bola di setiap tim yang ia tukangi. Namun, kariernya bersama timnas Belgia sejauh ini belum berujung gelar

5. Andrea Pirlo
Pirlo jadi nama terakhir yang masuk dalam bursa calon pelatih Barcelona. Namun, kans Pirlo agaknya terbilang kecil mengingat jam terbang dan awal kariernya yang tidak terlalu mulus.

Pirlo saat ini berstatus tanpa klub setelah didepak Juventus pada akhir musim lalu. Di Juventus, Pirlo memberikan dua gelar yaitu Coppa Italia dan Piala Super Italia.

Namun di ajang Liga Italia, Pirlo hanya bisa membawa Juventus finis keempat. Juventus tak mampu berbicara dalam persaingan gelar yang diraih oleh Inter Milan.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha