Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Resahkan Pengguna Jalan, Truk Tanah Tanpa Penutup Melintas Bebas di Depan Mapolsek Batuaji
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 19-10-2021 | 18:20 WIB
truk-tanah-batuaji.jpg Honda-Batam
Satu dari beberapa truk tanah yang acap kali melintas bebas di depan Mapolsek Batuaji, Selasa (19/10/2021). (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sejumlah warga Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji resah dengan adanya aktivitas truk tanah. Selain itu, aktivitas truk tanah roda 6 dan roda 10 juga dikhawatirkan membahayakan pengguna jalan.

"Sudah beberapa minggu ini banyak truk bermuatan tanah yang melintasi di Jalan Brigjen Katamso dan membahayakan kendaraan sekitar. Belum lagi truk ini sering membawa tanah dalam kondisi tidak ditutup," kata Riyan warga Tanjunguncang, Selasa (19/10/2021).

Dari pantauan di lapangan, truk itu mengangkut tanah dari samping Kantor Lurah Tanjunguncang menuju sejumlah titik-titik penimbunan di Marina, Sekupang. Truk tanah itu terpantau bebas lalu lalang di jalan depan Polsek Batuaji, meski sudah melakukan sejumlah pelanggaran.

"Aktivitas truk tanah tanpa penutup ini menimbulkan debu yang sangat meresahkan masyarakat dan membahayakan pengguna jalan. Ditambah lagi, cuaca panas yang terjadi saat ini, membuat debu yang ditimbulkan semakin banyak," keluh Riyan.

Hal tersebut diperparah dengan akses jalan di depan Polsek Batuaji yang sangat sempit. "Kalau truk melintas kita terpaksa berhenti. Jalan sudah sempit ditambah lagi aktivitas truk ini," ujar warga lainya.

Warga berharap pemerintah dan aparat terkait agar tidak menutup mata dengan aktivitas truk tanah tanpa memperhatikan keselamatan dan kenyamanan warga sekitar. "Sudah jelas kendaraan truk ini melintas di depan Polsek, tetapi ko dibiarkan. Jangan tunggu kami jadi korban jiwa," imbuh Riyan, kembali.

Editor: Gokli