Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Budidaya Udang Vaname Bantu Ekonomi Warga Lingga di Tengah Pandemi
Oleh : Wandy
Senin | 11-10-2021 | 11:48 WIB
panen-udang-lingga1.jpg Honda-Batam
Panen udang vaname di Desa Sedamai, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga. (Wandy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Budidaya udang vaname di Lingga bantu perekonomian warga ditengah pandemi Covid-19. Meski baru berjalan saat tahun, namun komoditas ekspor budidaya udang vaname ini tetap kokoh meski ditengah terpaan pandemi Covid-19.

Seperti salah satunya tambak udang vaname di Desa Sedamai, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga. Di masa panen yang ketiga ini kelompok budidaya udang vaname dengan capaian 2 ton lebih.

Yang mana hasil panen udang vaname dari Lingga ini langsung dibawa ke kota Batam dan membanjiri pasar di Batam. Bahkan sebagian ada yang diekspor ke Singapura.

Ketua Kelompok Budidaya udang vaname, Ridwan, mengatakan, hasil budidaya udang vaname ini tentunya sangat membantu perekonomian warga, ditambah lagi ditengah situasi Covid-19.

"Tentunya dengan budidaya udang vaname ini sangat membantu perekonomian warga terutama yang terdampak Covid-19," kata Ridwan, Minggu (10/10/2021).

Ridwan berharap dengan budidaya udang vaname ini dapat terus konsisten sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Lingga. "Harapan kita budidaya udang vaname ini dapat terus berkembang," harapnya

Budidaya udang vaname ini merupakan program Pemkab Lingga dalam upaya ketahanan pangan dan pemulihan ekonomi.

Dimana budidaya udang vaname ini dimulai pada pertengahan tahun 2020 lalu. Saat ini Pemkab Limgga sudah membuka 10 tambak udang vaname yang tersebar di dua pulau besar yakni pulau Lingga dan pulau Singkep. Dengan capaian hasil setiap panennya mencapai 20 ton.

Editor: Yudha