Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bamsoet Pimpin Pemakaman Sabam Sirait Secara Militer di TMP Kalibata
Oleh : Irawan
Minggu | 03-10-2021 | 19:04 WIB
sabam_siirait1b.jpg Honda-Batam
Prosesi pemakaman Anggota DPD RI Sabam Sirait di TMP Kalibata (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sabam Sirait dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (3/10/2021).

Jenazah Sabam tiba sekitar pukul 17.10 WIB. Upacara pemakaman kenegaraan secara militer dipimpin oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo disiarkan langsung secara virtual'

Prosesi pemakaman dimulai dengan laporan personel TNI yang bertugas sebagai komandan upacara. "Lapor, upacara pemakaman jenazah siap dimulai," kata komandan upacara. "Lanjutkan," jawab Bambang Soesatyo.

Pukul 17.26 WIB, terlihat sejumlah anggota TNI mulai menurunkan peti jenazah Sabam. Anggota TNI lain kemudian menembakkan senjata sebagai tanda penghormatan.

Prosesi upacara hingga pemakaman berlangsung hikmat. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan sambutan selaku perwakilan Pemerintah. Luhut menyatakan Sabam Sirait adalah sosok patriot yang sangat pantas dihormati.

"Beliau adalah seorang patriot yang mengabdikan dirinya untuk demokrasi dan NKRI. Patut dihormati. Beliau meninggalkan legacy yang sangat hebat. Kepada Ibu Sirait, ibu yang kuat hadapi ini semua," kata Luhut.

Luhut juga berpesan agar generasi muda dapat mencontoh sikap Sabam. "Anak muda-muda contohlah kesetiaan dan loyalitas Bapak Sabam kepada negara ini. Sekali lagi selamat jalan Pak Sabam anda telah meninggalkan legacy," ujar Luhut.

Dalam proses pemakaman ini terlihat turut hadir sejumlah tokoh, di antaranya Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Sebelum dimakamkan, jenazah Sabam sempat dibawa ke Gedung DPR untuk diberikan penghormatan terakhir. Tercatat, sebelum meninggal, Sabam merupakan anggota DPD RI periode 2019-2024.

Wakil Ketua DPD Mahyudin dalam sambutannya mengatakan, DPD kehilangan sosok Sabam yang kritis dan bijaksana. Menurutnya, selama di DPD, almarhum Sabam selalu konsisten dan menunjukkan dedikasi serta komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya.

"Almarhum Bapak Sabam Sirait merupakan figur yang sangat bijaksana, kritis, pengayom, dan teguh memegang prinsip serta tegas dalam bertindak, disiplin melaksanakan tugas dan merupakan seorang politikus senior serta negarawan sejati yang senantiasa melaksanakan fungsinya sebagai wakil rakyat," kata Mahyudin.

Sabam Sirait sebelumnya meninggal dunia di RS Siloam Karawaci pada Rabu, 29 September 2021 pukul 22.37 WIB. Sabam yang juga pendiri PDIP itu meninggal dunia di usia 85 tahun.

Editor: Surya