Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

5 Tips Tingkatkan Keamanan Finansial Secara Daring
Oleh : Redaksi
Selasa | 07-09-2021 | 11:32 WIB
malware17.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Perusahaan keamanan siber global Kaspersky mengungkap laporan ancaman seluler untuk kuartal II tahun 2021 di Asia Tenggara.

Kaspersky memantau peningkatan 60 persen dalam jumlah serangan trojan mobile banking berbahaya yang terdeteksi dan diblokir di wilayah tersebut.

Trojan mobile banking (bankir) digunakan oleh pelaku kejahatan siber untuk mencuri dana langsung dari rekening bank seluler (mobile banking).

Program berbahaya ini biasanya terlihat seperti aplikasi keuangan yang resmi, tetapi ketika korban memasukkan kredensial untuk melakukan akses menuju rekening bank mereka, penyerang kemudian mendapatkan akses ke informasi pribadi itu.

Berikut lima tips yang dibagikan oleh Kaspersky untuk meningkatkan keamanan finansial secara daring.

1. Miliki kartu kredit sementara
Para pelaku kejahatan siber telah mengembangkan teknik dan malware yang sangat canggih sehingga terkadang dapat menggagalkan upaya untuk berbelanja daring secara aman. Untuk itu, Anda disarankan menggunakan kartu kredit sementara untuk melakukan pembelian daring, sebagai pengganti kartu kredit utama.

Tanyakan kepada perusahaan kartu kredit apakah memungkinkan untuk mendapatkan nomor kartu kredit sementara. Namun, sebaiknya hindari penggunaan jenis kartu kredit ini untuk pembelian apa pun yang memerlukan pembaruan otomatis atau pembayaran rutin.

Jika kartu kredit sementara tidak memungkinkan, alternatifnya adalah menggunakan kartu kredit dengan limit kredit rendah.

2. Mendedikasikan komputer untuk perbankan dan belanja daring
Jika Anda memiliki lebih dari satu komputer, mungkin itu dapat dimanfaatkan untuk melakukan transaksi perbankan dan belanja daring.

Dengan menghindari penggunaan komputer untuk penjelajahan internet lainnya, mengunduh file, memeriksa email, jejaring sosial, dan aktivitas daring lainnya, Anda secara efektif membuat komputer "bersih" dan bebas dari virus komputer maupun infeksi lainnya.

Untuk keamanan tambahan dalam berbelanja daring yang aman, instal Google Chrome dengan HTTPS. Ini akan memastikan Anda hanya mengunjungi situs web yang aman.

3. Gunakan alamat email khusus
Buatlah alamat email yang hanya akan Anda gunakan untuk melakukan transaksi belanja daring. Ini akan sangat membatasi jumlah pesan spam yang Anda terima dan secara signifikan mengurangi risiko terpapar email berbahaya yang disamarkan sebagai promosi penjualan atau notifikasi lainnya.

4. Kelola dan lindungi kata sandi online
Menggunakan kata sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun daring adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk berbelanja daring yang aman. Anda dapat menggunakan pengelola kata sandi untuk membantu menyimpan kata sandi yang kuat untuk banyak akun.

5. Gunakan VPN
Jika Anda benar-benar harus berbelanja daring saat menggunakan Wi-Fi publik, instal terlebih dahulu solusi VPN (jaringan pribadi virtual).

VPN akan mengenkripsi semua data yang ditransfer antara komputer atau perangkat seluler dan server VPN dapat mencegah peretas membajak dan melihat data sensitif apa pun yang Anda masukkan.

Sumber: Antara
Editor: Yudha