Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dolar Naik, TKI di Singapura Tersenyum
Oleh : Redaksi/Mg
Sabtu | 30-06-2012 | 13:47 WIB
Money_Change.jpg Honda-Batam

Salah satu gerai penukaran uang (Money Change) di Singapura. Foto:batamtoday

SINGAPURA, batamtoday - Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar dalam sebulan terakhir ternyata menjadi berkah bagi para tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri, termasuk di Singapura.

Kurs dolar Singapura saat ini berada di level yang cukup tinggi. Untuk Sing$ 1 kurs terbaru Rp 7.384. Padahal beberapa bulan sebelumnya nilai dolar Singapura hanya berkisar Rp6.900.

Dengan meningkatnya nilai dolar Singapura terhadap rupiah, secara otomatis pendapatan para pekerja Indonesia di negara Pulau itu, akan meningkat. Tak terkecuali mereka yang bekerja di sektor informal seperti pembantu rumah tangga (PRT).

Dikutip dari media Singapura, CyberitaAsia, Sabtu(30/6/2012), sejumlah pembantu rumat tangga yang melakukan transaksi pengiriman hari ini, mengaku senang dengan peningkatan nilai tukar tersebut. Bahkan ada yang berharap agar menjelang lebaran, nilai tukar bisa semakin tinggi lagi.

"Saya senang nilai tukar sekarang lebih tinggi, karena uang yang saya kirim jadi bertambah," kata Siti Supriyanti(38), PRT asal Semarang, Jawa Tengah.  

Janda beranak satu ini mengaku mengirimkan Sing$1000 setiap tiga bulan untuk keluarganya di kampung halaman. Dengan penguatan nilai dolar terhadp rupiah, maka total dana yang diterima keluarganya di kampung halaman turut meningkat. 

"Biasanya kalau nilai tukar Rp6900, paling keluarga hanya terima Rp6 juta lebih, tapi sekarang sudah Rp7 juta lebih, ya semoga lebaran nanti naik lebih tinggi lagi," kata Suprapti kegirangan.