Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tingkatkan Minat Baca di Tengah Pandemi, Polresta Barelang Gelar Perpustakaan Keliling
Oleh : Paskalis Rianghepat
Sabtu | 28-08-2021 | 10:28 WIB
perpustakaan-keliling1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Seorang Personil Satpolairud Polresta Barelang tengah memberikan bimbingan belajar bagi anak-anak pesisir. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Guna meningkatkan minat baca dan mencerdaskan anak bangsa, Satpolairud Polresta Barelang menggelar perpustakaan keliling antar pulau di Pesisir Kampung Agas, Kota Batam, Jumat (27/08/2021).

Menggunakan Kapal Patroli KP XXXI- 28- 2003, Kasat Polairud Polresta Barelang bersama jajaran memberikan materi bimbingan belajar kepada anak-anak pesisir di perairan Batam.

Menurut Kapolresra Barelang, Kombes Pol Yos Guntur, perpustakaan Apung ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pesisir, karena tengah dilanda pandemi Covid-19 sehingga kegiatan atau proses belajar mengajar menjadi terkendala.

"Perpustakaan apung yang di inisiasi jajaran Polairud sengaja dilakukan agar anak-anak atau masyarakat pesisir terpacu minat bacanya. Apalagi kondisi mereka yang serba terbatas," kata Yos.

Walaupun demikian, kata dia, mereka masyarakat (anak-anak yang tinggal di daerah pesisir) harus tetap mempunyai ilmu pengetahuan yang memadai.

Masih kata Yos, antusias masyarakat pesisir terhadap perpustakaan keliling terbilang cukup tinggi, pasalnya, dimasa pandemi anak- anak tidak diperbolehkan untuk menjalankan kegiatan belajar tatap muka di sekolah.

"Minat anak-anak pesisir cukup tinggi dengan adanya perpustakaan keliling yang diselenggarakan Satpolairud Polresta Barelang karena tengah melaksanakan pembelajaran di rumah.Untuk hari ini saja, sebanyak 20 orang mengikuti bimbingan belajar," ujarnya.

Kapolresta pun berharap, semoga dengan adanya kegiatan ini, hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak bagi masyarakat pesisir khususnya anak-anak bisa terpenuhi. Apalagi dimasa Pandemi Covid-19.

"Mudah-mudahan dengan perpustakaan keliling, minat baca anak-anak pesisir semakin bertambah," pungkasnya.

Editor: Yudha