Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Metode Modern Diyakini Dongkrak Hasil Ternak Ayam Warga Keerom Papua
Oleh : Redaksi
Kamis | 22-07-2021 | 10:28 WIB
sosialisasi-ternak-ayam1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Satgas Pamtas Yonif Mekanis 512/QY sosialisasi ternak ayam metode kawin suntik kepada warga Kampung Wonorejo, Distrim Mannem, Kabupaten Keerom, Papua. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Inseminasi buatan atau kawin suntik adalah suatu metode yang mampu meningkatkan hasil produksi ayam ternak.

Kali ini, metode itu mulai diterapkan bagi warga Kampung Wonorejo, Distrim Mannem, Kabupaten Keerom, Papua.

Melalui sosialisasi, pihak Satgas Pamtas Yonif Mekanis 512/QY telah mengajarkan metode itu ke masyarakat.

"Itu caranya, sperma ayam jantan yang telh diencerkan dengan Natirum Klorida fisiologi ke dalam saluran reproduksi ayam betina. Sehingga ayam betina dapat bertelur dengan bantuan manusia," kata Dansatgas, Letkol Inf Taufik Hidayat, Kamis (22/7/2021) pagi.

Ia menilai, cara modern itu diyakini mampu mendongkrak hasil ternak ayam warga di perbatasan Indonesia-Papua Nugini, khususnya di Kabupaten Keerom.

"Warga juga diajari cara menggunakan mesin penetas telur otomatis yang sudah dirakit oleh anggota kami sendiri," ungkapnya.

Bahkan, Taufik berharap dengan diserahkannya mesin penetas telur otomatis itu, bisa menjadi suatu pemicu semangat bagi warga untuk terus bisa meningkatkan hasil ternak ayam miliknya.

"Hasilnya nanti kan bisa dijual di pasaran. Itu kan bisa untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat," pungkasnya.

Editor: Yudha