Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dana Tak Dicairkan, Kegiatan Panwas Tidak Terlaksana
Oleh : Charles/Dodo
Selasa | 26-06-2012 | 12:22 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Akibat dana paksanaan kegiatan pengawasan Pemilukada Tanjungpinang tidak kunjung dicairkan oleh Kesbangpolinmas, sejumlah kegiatan pengawasan pelaksanaan pemilukada hingga saat ini tidak dapat dilaksanakan. 

Bahkan, sejumlah anggota Panwas Kecamatan yang sebelumnya sudah diseleksi Panwas Kota Tanjungpinang, hingga saat ini, tidak dapat dilantik akibat ketiadaan dana. 

Anggota Panwas Kota Tanjungpinang, Ridarman Bay mengatakan belum cairnya dana operasional Panwasko dari Pemko Tanjungpinang, membuat 14 anggota Panwascam yang sudah diseleksi sebelumnya, hingga saat belum dilakukan pelantikan. 

"Seleksi terhadap 14 Panwascam sebelumnya sudah dilaksanakan. Namun akibat belum adanya dana maka sampai saat ini belum dilantik," ujarnya pada batamtoday saat ditemui di Kantor KPU Tanjungpinang, Selasa (26/6/2012).

Akibatnya, kinerja Panwas menjadi sangat terbatas dan kini hanya bisa melakukan monitoring saja. 

"Bagaimana kami mau melaksanakan pengawasan, sementara dana pengawasan sampai saat ini tidak kunjung dicairkan," ujarnya. 

Di tempat terpisah, Kepala Kesbangpolinmas Tanjungpinang Suryajadi mengatakan, kalau pihaknya sudah mencairkan dana hibah operasional Panwasko Tanjungpinang, dari total dana Rp1,5 miliar telah dicairkan tahap pertama. Namun akibat Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) verifikasi penggunaan dana belum jelas, hingga pencairan dana kedua sebagaimana yang diajukan Panwas belum dapat dilaksanakan. 

"Dana hibah pertama sudah kita kucurkan, tetapi pengajuan dana kedua, memang belum dapat kita cairkan karena LPJ penggunaan dana pertama masih diverifikasi," ujarnya.