Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ternyata Popeye Benar, Bayam Bikin Otot Lebih Kuat
Oleh : Redaksi/Mg
Selasa | 26-06-2012 | 12:18 WIB

STOCKHOLM, batamtoday - Tokoh kartun Popeye dalam filmnya, sering kali menggunakan sekaleng bayam untuk memperkuat tubuhnya. Bayam menjadi makanan wajib Popeye ketika membutuhkan tenaga lebih. Ternyata menurut para peneliti dari Institut Karolinska di Stockholm, hal itu bisa dibuktikan secara ilmiah.

Para ahli berpendapat, bahwa zat yang terkandung dalam sayuran bayam diketahui dapat memperkuat otot tubuh. Hal ini tentu saja dapat dimanfaatkan para olahragawan sebagai alternatif penambah stamina.

"Nitrat alami ditemukan dalam sayuran bayam dan diketahui dapat memperkuat otot tubuh," tulis Journal of Physiology dikutip batamtoday, Selasa(26/6/2012).

Nitrat yang dikandung bayam dapat mendorong kinerja otot tubuh untuk mengikat protein. Sehingga peningkatan protein ini pada akhirnya berimbas pada peningkatan jumlah kalsium yang disimpan dan dilepaskan otot tubuh. 

"Jika otot anda memiliki lebih banyak kalsium yang dilepaskan maka kontraksi dan gerakan otot anda lebih kuat," kata para peneliti. 

Sementara itu, menurut ahli Fisiologi dan Farmakologi, Andres Hernandes, manusia membutuhkan lebih banyak nitrat untuk memperkuat otot tubuhnya. Dari hitungan, dibutuhkan kurang lebih 200 hingga 250 gram bayam setiap hari.

"Ya, jika anda memang penyuka bayam, jika tidak tentu akan sulit, tapi kesimpulan memang menyebutkan demikian," katanya. 

Meski demikian, Andres Hernandes tetap menyarankan konsumsi nitrat dari sayuran bayam harus dibarengi dengan olahraga ringan.

"Penguatan otot dan pembesaran bukan hanya dari asupan gizi tapi juga latihan, maka porsi itu harus diperhatikan," pungkasnya.