Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anggota DPR Fraksi PKS Adang Sudrajat Meninggal karena Covid-19
Oleh : Irawan
Senin | 05-07-2021 | 08:52 WIB
adang_sudrajat_b.jpg Honda-Batam
Anggota DPR dari Fraksi PKS Adang Sudrajat (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kabar duka kembali menempa parlemen senayan. Salah satu anggotanya Adang Sudrajat meninggal dunia pada Minggu malam (4/7/2021) ini.

Anggota Komisi IX dari Fraksi PKS ini meninggal akibat terpapar virus Corona (Covid-19).

 

"Innaa lillaahi wa innaa ilaihi roojiuun. Berita dukacita. Telah meninggal dunia dr. Adang Sudrajat pada pukul 20.58 di RS Edelweis Bandung," kata politikus PKS Nasir Djamil kepada wartawan, Minggu (4/7/2021).

Anggota Komisi II DPR Fraksi PKS itu mengatakan Adang dirawat di rumah sakit karena Covid sejak 30 Juli lalu.

Nasir sendiri mengatakan jika almarhum Adang tidak memiliki komorbid. "Nggak ada sakit berat (komorbid). Ya (meninggal karena) Covid, masuk 30 Juni," katanya.

Nasir memohon maaf atas kesalahan yang pernah dilakukan almarhum. Dia mendoakan agar Adang diberi tempat terbaik di sisi Allah SWT.

"Mohon keikhlasan untuk memaafkan segala kesalahannya dan mendoakan agar beliau diberi tempat yang mulia di sisi Allah SWT," katanya.

Sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN) berduka. Salah satu kadernya, yakni John Siffy Mirin meninggal dunia. Anggota DPR RI asal Papua itu mengembuskan nafas terakhirnya di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (3/7/2021).

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan menyampaikan, sudah sekitar satu minggu mendiang John Mirin berjuang melawan Covid-19. Tetapi kesehatannya terus menurun. Akhirnya meninggal dunia.

Ia mengaku, dalam seminggu itu pula pihaknya terus intens berkomunikasi dengan wasekjen dan kader PAN asal Papua, dr. Rosaline Irene Rumaseuw, yang menemani mendiang John Mirin dan keluarga.

"Rosaline terus mengabarkan perkembangan kesehatan John, hingga akhirnya harus dilarikan ke RS Medistra Jakarta. Saya katakan kepada Rosaline untuk terus mendampingi John dan keluarga," katanya, Sabtu (3/7/2021).

Mantan Ketua MPR RI itu mengaku, Jumat (2/7/2021) kemarin, kesehatan John dikabarkan memburuk. Saturasi oksigennya terus menurun, harus dibantu ventilator. Sementara karena RS penuh, John masih dirawat di IGD, sambil menunggu kamar ICU yang kosong.

"Menurut Rosaline, kamar ICU diprioritaskan untuk pasien Covid-19 yang sedang hamil, sehingga pasien lain berada di urutan berikutnya," jelasnya.

Zulkifli pun segera menghubungi Saleh Daulay, ketua Fraksi PAN DPR RI sekaligus anggota Komisi IX, untuk berupaya mencarikan alternatif lain.

Berjam-jam Saleh Daulay berupaya, hingga tengah malam, sampai akhirnya Zulkifli mendapat kabar pukul 01.15 dini hari tadi bahwa John bisa dipindahkan ke ruang ICU RSPAD Gatot Subroto. Keluarga John pun setuju untuk dipindahkan.

"Semalaman saya tidak tidur, terus mendoakan kesembuhan dan keselamatan John Mirin, semoga Tuhan memeberinya kekuatan. Tetapi takdir ternyata berkata lain, hari ini pukul 03.40 saya mendapatkan telepon dari Rosaline bahwa John Mirin telah wafat. Sedih sekali saya mendengarnya. Ini kabar duka ke sekian kalinya yang menerpa PAN selama pandemi ini," ujarnya.

Menurutnya, John Siffy Mirin yang juga anggota DPR RI adalah kader PAN kebanggaan masyarakat Papua.

"Semoga tenang di sisiNya, Tuhan memberkati perjuangan John selama ini. Atas nama pribadi dan keluarga besar PAN, saya juga menyampaikan duka cita yang mendalam untuk keluarga yang ditinggalkan. Semoga dibari ketabahan," ujarnya.

Editor: Surya