Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kontingen KONI Kepri untuk PON XX di Papua Dapat Perlindungan dari BPJSTK
Oleh : Hadli
Sabtu | 03-07-2021 | 17:06 WIB
PBJSTK-KONI-Kepri.jpg Honda-Batam
Perwakilan BPJSTK Cabang Batam bersama pengurus KONI Kepri di Kantor KONI Kepri, Sukajadi, Kota Batam, Jumat (2/7/2021). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kabar baik datang untuk para atlet, pelatih dan official kontingen KONI Kepri yang akan bertanding dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua. Pasalnya, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batam ikut dilibatkan memberikan perlindungan.

Hal ini diketahui saat tim dari BPJS Ketenagakerjaan Kota Batam melakukan presentasi di Kantor KONI Kepri di Sukajadi, Batam pada Jumat (2/7/2021) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, BPJS Ketenagakerjaan menjelaskan berbagai program terkait jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JK) yang ditujukan untuk tim PON dari KONI Kepri selama kegiatan olahraga bergengsi tersebut berlangsung.

"Seluruh kontingen yang terdiri dari atlet, pelatih dan official Kontingen Provinsi Kepri pada PON Papua 2021 nanti, langsung dilindungi dalam program JKK dan JK," kata Breri Harisandro, perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Batam.

Ia menyebutkan, program perlindungan bagi atlet yang dilakukan dengan bekerjasama dengan KONI Kepri ini merupakan salah satu terobosan bahwa perlindungn BPJS Ketenagakerjan juga bisa untuk atlet.

Mengingat, setiap orang yang beraktivitas kerja termasuk saat berlatih olahraga memiliki risiko terjadi kecelakaan. Dan, BPJS ketenagakerjaan memiliki produk perlindungan untuk kecelakaan kerja.

"Untuk proses klaimnya tidak rumit, begitu mendapat laporan kasus, petugas kami langsung melakukan jemput bola. Dan program ini difokuskan untuk tenaga kerja rentan yang potensial untuk bisa melanjutkan pembayaran premi, nilainya Rp 16.800," terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Kepri, Junaidi merespon positif wacana kerja sama antara KONI Kepri dan BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Mengingat, dengan adanya perlindungan ini para atlet yang akan bertanding nanti sudah tidak memikirkan hal-hal lain. "Sehingga mereka saat bertanding di PON nanti sudah sangat fokus. Diharapkan bisa memberikan yang terbaik bagi daerahnya melalui sebuah prestasi," terangnya.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Sekretaris Umum KONI Kepri, Amri. Dengan adanya kerja sama ini, nantinya bisa memberikan rasa nyaman bagi para atlet.

"Intinya, KONI Kepri akan memberikan perlindungan bagi atlet, pelatih dan official yang akan berangkat ke PON Papua nanti. Karena mereka (atlet dan pelatih) adalah pahlawan olahraga kita," jelasnya.

Dengan adanya perlindungan ini, tambahnya, juga sebagai tanda dan bentuk hadirnya negara dalam melindungi warganya. "Tentunya hal ini juga akan membuat atlet nyaman dan aman, karena negara hadir memberi perlindungan saat atlet menjalankan profesinya dengan berbagai risiko," ucapnya.

Hadir pertemuan tersebut, Ketua Bidang Kesejahteraan Pelaku Olahraga Prestasi Syawaludin; Bendahara KONI Kepri, Rini Elfira dan Humas KONI Kepri.

Editor: Gokli