Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Singkirkan Belgia 2-1, Italia Lolos ke Semifinal Euro 2020
Oleh : Redaksi
Sabtu | 03-07-2021 | 11:08 WIB
belgia-italia1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Duel Belgia lawan Italia berlangsung sengit dan ketat selama 90 menit. (AP/Andreas Gebert)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Timnas Italia berhasil lolos ke semifinal Euro 2020 (Euro 2021) setelah mengalahkan Belgia dengan skor 2-1, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB.

Italia sudah unggul 2-1 di babak pertama. Gli Azzurri mencetak keunggulan dua gol lebih dulu lewat Nicolo Barella di menit ke-31 dan Lorenzo Insigne di menit ke-44.

Barella mencetak gol setelah kesalahan Jan Vertonghen dimaksimalkan dengan baik oleh Marco Verratti yang merebut bola. Verratti mengoper pada Barella yang sukses mencari ruang tembak dan menaklukkan Thibaut Courtois.

Insigne menambah keunggulan Italia lewat aksi individu yang diakhiri tembakan terarah ke pojok kiri gawang Belgia.

Di masa injury time, Belgia sukses mencetak gol balasan lewat penalti Romelu Lukaku. Penalti diberikan setelah Giovanni Di Lorenzo melanggar Jeremy Doku di kotak terlarang.

Dalam posisi tertinggal satu gol, Belgia coba untuk terus menekan Italia di babak kedua. Verratti dan kawan-kawan sendiri tetap meladeni Belgia dengan permainan terbuka dan tak hanya fokus bertahan.

Belgia punya peluang bagus untuk menyamakan kedudukan saat kerja sama Doku dengan Kevin De Bruyne membuat Romelu Lukaku punya peluang menyelesaikan serangan di muka gawang.

Namun tendangan Lukaku ke gawang yang terbuka berhasil dibendung oleh Leonardo Spinazzola. Lukaku juga kehilangan keseimbangan sehingga tak mampu memanfaatkan bola liar yang bergulir setelahnya.

Belgia coba meningkatkan serangan dengan memasukkan Dries Mertens dan Nacer Chadli. Tak lama setelah pergantian tersebut, Belgia kembali mendapat peluang emas. Beruntung bagi Italia, bola masih berada di luar jangkauan Lukaku yang sudah melompat dan Thorgan Hazard yang bergerak terlalu cepat.

Chadli yang baru masuk ternyata mengalami cedera sehingga ia langsung digantikan oleh Dennis Praet.

Italia juga melakukan perubahan dengan memasukkan Bryan Cristante dan Andrea Belotti di menit ke-74 untuk menggantikan Verratti dan Immobile. Di menit ke-78, Spinazzola mengalami cedera sehingga harus ditarik keluar untuk digantikan Emerson. Domenico Berardi juga masuk menggantikan Insigne.

Pada menit ke-84, Doku melakukan penetrasi dan melepaskan tembakan keras tetapi arahnya masih melambung di atas gawang Donnarumma.

Italia mati-matian mempertahankan skor 2-1 hingga pertandingan berakhir dan memastikan tiket semifinal di tangan.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha