Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disdik Kepri Pastikan Pelaksanaan PPDB Online SMA/SMK Lancar
Oleh : Redaksi
Senin | 28-06-2021 | 10:54 WIB
warning-disdik1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri H Muhammad Dali. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri melalui Dinas Pendidikan Provinsi Kepri memastikan bahwa pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru tahun ajaran 2021/2022 untuk tingkat SMA/SMK berjalan dengan lancar.

Hal ini mengingat segala persiapan terkait pelaksanaan PPDB yang kembali menggunakan sistem online ini telah pun dijalankan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri H Muhammad Dali di Tanjungpinang, Jum'at (25/6/2021).

"Alhamdulillah, semua persiapan sudah kita lakukan, insyaallah PPDB online untuk tingkat SMA SMK siap dilaksanakan," ujar Dali.

Dali mengatakan bahwa untuk pendaftaran PPDB tingkat SMA/SMK dilaksanakan muli tanggal 28 Juni 2021 hingga 2 Juli 2021.

"Sedangkan untuk pengumuman penerimaan PPDB tanggal 5 Juli 2021, untuk daftar ulang tanggal 6 - 8 Juli 2021," ujar Dali.

Serta Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) pada tanggal 12-17 Juli 2021 sesuai dengan kondisi yang ada.

Sementara itu, Dali menuturkan untuk jalur pendaftaran PPDB online SMA (IPA/IPS) tahun ini melalui empat jalur yakni pertama, Jalur Zonasi 65 persen, kedua, jalur afirmasi 15 persen, jalur perpindahan tugas orang tua 5 persen dan prestasi 15 persen.

"Sedangkan untuk SMA (Bahasa) , hanya dilakukan melalui jalur seleksi berdasarkan nilai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris," jelas Dali kembali.

Untuk PPDB SMK, dijelaskan Dali, jalur pendaftaran PPDB online SMK melalui tiga jalur yakni pertama, Jalur khusus 75 persen, jalur zonasi 10 persen dan jalur afirmasi 15 persen.

"Jika salah satu kuota jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua dan prestasi tidak terpenuhi maka sisa kuota akan dialihkan ke dalam kuota yang masih ada berdasarkan urutan prioritas," tegas Dali kembali.

Editor: Yudha