Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

11 Persen dari Total Penduduk Dewasa di Malaysia, Idap Diabetes
Oleh : Redaksi/Mg
Sabtu | 23-06-2012 | 15:07 WIB
Dr_Hasan_ABdul_Rahman.jpg Honda-Batam

Ketua Pengarah Kesehatan, Datuk Seri Dr Hasan Abdul Rahman, foto:bharian

KUALA LUMPUR, batamtoday - Lembaga kajian kesehatan Malaysia (NHMS) melaporkan, pengidap penyakit diabetes militus di negeri jiran itu terus mengalami peningkatan. Setidaknya dalam lima tahun terakhir, jumlah peningkatan penderita penyakit gula itu melampaui angka 31 persen.

Dikutip batamtoday dari laman Bharian, Sabtu(23/6/2012), total penderita diabetes pada 2011 lalu diperkirakan sebanyak 2,6 juta jiwa. Sedangkan pada tahun  ini, diperkirakan sebanyak 11,6 persen dari total penduduk Malaysia yang berusia dewasa, diketahui mengidap diabetes.

"Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan, kita perlu membuat langkah-langkah pencegahan sejak dini," kata Ketua Pengarah Kesehatan, Datuk Seri Dr Hasan Abdul Rahman.

Diakuinya, selama ini pemerintah melalui kementrian kesehatan memang telah melakukan berbagai program untuk melakukan pencegahan. Tapi hal itu belum menunjukan hasil yang menggembirakan. 

"Kerja keras kementrian kesehatan selama ini belum menunjukan hasil yang memuaskan," kata Dr Hasan Abdul Rahman.

Ada beberapa faktor yang diyakini menjadi penyebab utama meningkatnya jumlah penderita diabetes di Malaysia, salah satunya masalah gaya hidup tidak sehat. Berat badan yang berlebih dan tidak terkontrol, kebiasaan merokok dan konsumsi minuman keras. Faktor yang terkahir yang sulit dihindari yakni masalah keturunan (genetika).