Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua OPD Tinjau Dampak Angin Puting Beliung di Coastal Area Tanjungbalai Karimun
Oleh : Freddy
Senin | 21-06-2021 | 18:16 WIB
dampak-puting-coastal.jpg Honda-Batam
Kerusakan gedung dan fasilitas di Coastal Area Tanjungbalai Karimun akibat hujan deras dan angin puting beliung pada Minggu (20/6/2021). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dinas Perdagangan, UKM Koperasi, ESDM dan Dinas PU Kabupaten Karimun melakukan peninjauan ke lokasi Coastal Area yang diterpa hujan deras disertai angin kencang, Senin (21/6/2021).

Akibat bencana alam ini, bangunan gedung dan fasilitas yang ada di Coastal Area tersebut mengalami kerusakan, bahkan salah satu kerangka dan atap bangunan mengalami kerusakan yang cukup parah pada Minggu (20/6/2021) kemarin.

Kepala Dinas Perdagangan UKM Koperasi dan ESDM Kabupaten Karimun, Moch Yosli mengatakan, pengelolaan lokasi Coastal Area tersebut memang berada pada Dinas Perdagangan UKM Koperasi dan ESDM Kabupaten Karimun, tetapi terkait asset, masih dimiliki Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Karimun.

"Kita langsung turun meninjau ke lokasi kejadian di Coastal Area Tanjungbalai Karimun," kata Moch Yosli, Senin (21/6/2021).

Ia menjelaskan, dengan turun langsung ke lokasi kejadian di Coastal Area Tanjungbalai Karimun, Dinas Perdagangan UKM Koperasi dan ESDM selaku pengelola dan Dinas PU sebagai pemilik aset, baru bisa menentukan langkah selanjutnya.

Menurut Moch Yosli, nanti staf dari kedua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang turun ke lapangan akan menghitung apa saja yang mengalami kerusakan, berapa besar nilai kerugian dan mengkalkulasikan berapa anggaran yang dibutuhkan jika dilakukan perbaikan.

Karena kerusakan yang terjadi disebabkan bencana alam, kata Moch Yosli, hal ini harus dilaporkan dulu ke pimpinan dan setelah mendapat arahan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas PU untuk menyiapkan langkah selanjutnya.

"Sekarang ini, kita tunggu saja hasil peninjauan staf Dinas Perdagangan UKM Koperasi ESDM dan Dinas PU yang turun ke lapangan, pastinya mereka akan menghitung apa saja yang mengalami kerusakan, berapa besar nilai kerugian serta berapa besar anggaran jika dilakukan perbaikan secepatnya," tutup Moch Yosli.

Seperti diketahui pada Minggu (20/6/2021) kemarin telah terjadi kerusakan bangunan dan sejumlah fasilitas yang ada di lokasi Coastal Area Tanjungbalai Karimun akibat hujan deras disertai angin kencang, menyebabkan beberapa bangunan dan fasilitas yang ada di lokasi tersebut mengalami kerusakan.

Editor: Gokli