Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Indonesia Dibantai UEA 0-5, Evan Dimas Gagal Penalti
Oleh : Redaksi
Sabtu | 12-06-2021 | 09:40 WIB
timnas-uea1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Timnas Indonesia kalah telak 0-5 dari UEA. (Media PSSI)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Timnas Indonesia kalah telak 0-5 dari Uni Emirat Arab (UEA) pada laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G di Stadion Zabeel, Jumat (11/6/2021).

UEA unggul 2-0 lebih dahulu di babak pertama lewat gol Ali Mabkhout di menit ke-22 dan Fabio Lima di menit ke-28.

Indonesia sendiri memiliki peluang emas di babak pertama lewat penalti Evan Dimas, akan tetapi gagal berbuah gol setelah tendangannya ditepis kiper Ali Khaseif.

Pada awal babak kedua bek Indonesia Arif Satria nyaris blunder. Arif backpass kepada kiper Riyandi, akan tetapi laju bola yang tanggung gagal diterima Riyandi dengan baik karena dibayang-bayangi pemain UEA.

Bola yang tidak sempurna ditendang Riyandi bisa dikuasai pemain lawan yang langsung ditendang ke gawang Indonesia. Beruntung tendangannya masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Riyandi.

Di menit ke-48 UEA mendapat penalti setelah melanggar nomor 10. Ali Mabkhout yang menjadi eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. Tendangan Mabkhout ke sisi kanan tidak bisa diantisipasi Riyandi di menit ke-49.

Indonesia mencoba mencetak gol balasan, satu menit berselang. Hanya saja, tendangan Egy Maulana Vikri yang masuk di babak kedua dari dalam kotak penalti masih bisa diblok pertahanan UEA.

Tidak berselang lama, Egy kembali menciptakan peluang dari sisi kanan. Kali ini, umpan tarik Egy bisa disapu bersih lini belakang tuan rumah dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Fabio Lima mencetak gol keduanya pada laga tersebut guna membawa UEA unggul 4-0 di menit ke-55. Proses gol yang dicetak Lima sama seperti di babak pertama.

Bermula dari umpan silang Mahmoud Khamis dari sisi kiri, Lima tanpa kesulitan menyundul bola menggetarkan gawang Riyandi meski dalam penjagaan pertahanan Indonesia.

Pada menit ke-71, Riyandi membuat dua penyelamatan penting. Pertama menepis tendangan Ali Mabkhout, lalu sesaat kemudian mementahkan sepakan Muhammad Juma Eo.

Meski tertinggal 0-4, Skuad Garuda belum menyerah dalam memperkecil kedudukan. Di menit ke-72, tendangan Syahrian Abimanyu dari luar kotak penalti ditepis kiper Ali Khaseif.

UEA makin tidak terkejar setelah Sebastian Tagliabue mencetak gol di menit ke-87 guna mengubah skor menjadi 5-0. Sebastian tanpa kesulitan membobol gawang Riyandi lantaran tidak mendapat penjagaan ketat dari lini belakang Indonesia saat melepaskan tendangan.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha