Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Barcelona Jual 18 Pemain Karena Terlilit Hutang Rp 17 Triliun
Oleh : Redaksi
Kamis | 10-06-2021 | 09:20 WIB
coutinho15.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Philippe Coutinho jadi salah satu pemain yang akan dijual Barcelona.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Barcelona disebut akan menjual 18 pemainnya pada musim depan demi membayar utang sebesar 862 juta poundsterling atau setara dengan Rp 17,4 triliun.

Blaugrana tengah terbelit utang pada bursa transfer musim 2021/2022. Guna terlepas dari masalah finansial tersebut sebanyak 18 pemain akan dilepas klub asal Catalunya tersebut.

Dikutip dari Express, Presiden Barcelona Joan Laporta akan menyertakan lima pemain bintang dalam 18 pemain yang akan dijual tersebut.

Dalam beberapa musim terakhir, juara Copa Del Rey 2020/2021 itu melakukan transfer besar-besaran guna memperkuat skuad.

Akan tetapi, pandemi Covid-19 yang terjadi pada tahun lalu memberikan dampak buruk bagi transfer 'mewah' Barcelona itu. Pendapatan Barcelona pada musim lalu tersendat sehingga berimbas pada pembayaran utang klub.

Menjual para bintang dan pemain lain jadi solusi terbaik untuk keuangan Barcelona yang tengah membutuhkan dana segar.

Sejumlah nama diandalkan guna mendapatkan dana besar dari penjualan tersebut, seperti: Philippe Coutinho, Miralem Pjanic, dan Samuel Umtiti yang diprediksi masih diminati klub-klub besar Eropa.

Nama lain yang bisa meringankan keuangan Barcelona adalah: Junior Firpo, Martin Braithwaite, serta Matheus Fernandes. Ketiganya diprediksi akan pindah klub. Mereka juga bisa bertahan dengan catatan mendapatkan pemotongan gaji.

Selain menjual pemain, usaha Laporta dalam menyelamatkan keuangan Barcelona adalah dengan memotong gaji besar para pemain.

Manajemen Barcelona akan berbicara kepada Sergio Busquets, Jordi Alba, Sergi Roberto, Clement Lenglet, dan Antoine Griezmann agar bersedia menerima pemotongan gaji.

Meski demikian, Barcelona juga tidak menutup kemungkinan menjual kelima pemain tersebut jika ada klub yang berminat.

Pemain lain yang juga dilaporkan masuk daftar jual Barcelona pada musim ini adalah: Ousmane Dembele, Sergino Dest, Gerard Pique, Riqui Puig, Francisco Trincao, dan Emerson Royal yang baru direkrut pada musim ini.

Walaupun tengah membutuhkan dana besar, Barcelona tidak akan menjual Lionel Messi. Meskipun, La Pulga tengah menjadi properti panas di bursa transfer musim ini lantaran kontraknya tengah habis dan diminati dua klub kaya, Manchester City serta Paris Saint-Germain.

Sementara itu, beberapa pemain yang akan dipertahankan Barcelona di bawah kepemimpinan Ronald Koeman adalah: Ronald Araujo, Ansu Fati, serta Frenkie de Jong.

Kendati tengah krisis finansial, aktivitas transfer Barcelona tidak berhenti. Sejauh ini Blaugrana mendatangkan dua pemain dengan status bebas transfer: Sergio Aguero dan Eric Garcia.

Laporan Express menyebutkan, Barcelona masih berminat mendatangkan penyerang lain guna mengembalikan kejayaan mereka, di antaranya Erling Haaland dan Memphis Depay.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha